Berjelajah di bagian Selatan Kota Bandung


SETIAP hari, semakin banyak kendaraan yang memadati sudut kota dengan polusi dan kebisingannya. Tak hanya itu, setiap harinya juga kerjaan terus berdatangan dan semakin menumpuk, belum lagi masalah-masalah lainnya yang berjibun dan membuat kepala menjadi cenat-cenut. Di saat-saat seperti inilah sobat Djadoel butuh perjalanan seru yang bisa me-refresh kembali otak sobat Djadoel agar lebih fresh.

Nah, kali ini djamandoeloe.com mau mengajak sobat Djadoel untuk melakukan sebuah perjalanan seru sambil melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari yang begitu melelahkan. Djamandoeloe.com akan membawa sobat Djadoel ke sebuah tempat yang begitu memesona. Di tempat ini sobat Djadoel bisa menikmati lukisan alam yang begitu indah tanpa kebisingan dan juga polusi yang semakin menebal. Tak hanya itu, udaranya yang sejuk pun membuat paru-paru sobat Djadoel seakan kembali dipompa dengan oksigen yang benar-benar bersih, tak tercemar oleh polusi. Dimanakah tempat tersebut berada?

Tempat sejuk itu berada di sebelah selatan Kota Bandung, tepatnya di sekitar Kecamatan Ciwidey dan Kecamatan Rancabali. Ciwidey dan Rancabali ini merupakan dua nama kecamatan di Kabupaten Bandung yang terkenal dengan objek wisatanya yang begitu mengagumkan. Saat sobat Djadoel memasuki kawasan ini, sobat Djadoel akan disambut oleh indahnya kebun teh yang tertata rapi bak permadani alam serta rimbunnya pepohonan yang memberikan kesejukan. Tak ingin kehilangan momen indah itu, Kang Adoel pun langsung mengeluarkan kameranya untuk mengabadikan keindahan lukisan alam yang terbentang luas seperti wisatawan-wisatawan lainnya. Sementara itu, Teh Lulu tertarik dengan kisah dibalik nama Ciwidey itu sendiri.

Konon, nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis Kuno, yakni dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Sedangkan dalam bahasa Yunani Kuno, nama Ciwidey berasal dari kata Ciwos yang berarti sapi dan Dos yang berarti lima. Dari bahasa Yunani Kuno itulah mitosnya Ciwidey dikenal sebagai tempat lahirnya sapi berkepala lima yang disembah sekte Sapinisme yang berpusat di Rumah Sembah Sapi milik Raden Batubara. Konon, Raden Batubara ini adalah sosok yang disegani di daerah selatan kota Bandung karena pernah merebut hati seorang gadis desa yang cantik.

Entah benar atau tidak kisah tersebut, yang pasti pesona kawasan ini benar adanya. Keindahannya telah memikat banyak orang yang datang atau sekadar melintasi kawasan ini. Selain keindahan alamnya, kawasan Ciwidey dan Rancabali juga memiliki objek wisata yang bisa dikunjungi Sobat Djadoel untuk bercengkrama bersama handai tolan. Bagi sobat Djadoel yang ingin melihat indahnya kawah tanpa perlu takut mendekatinya, bisa berkunjung ke Kawah Putih di daerah Ciwidey. Nah, setelah bersenang-senang di Kawah Putih, sobat Djadoel bisa menikmati manisnya buah strawberry yang dipetik sendiri langsung dari kebunnya. Sedangkan sobat Djadoel yang ingin menghangatkan dirinya bisa berendam di pemandian air panas yang terdapat di kawasan tersebut. Adapun objek wisata lainnya seperti penangkaran rusa di Rancaupas serta Situ Patengan di kawasan Rancabali.

Yang pasti, Sobat Djadoel akan betah berlama-lama di sana dan membuat kalian ingin kembali ke tempat ini untuk menjelajah objek wisata lainnya yang belum sempat tereksplor. Begitu juga dengan djamandoeloe.com yang akan terus menjelajah tempat-tempat lainnya. Ok, see you sobat Djadoel di petualangan seru lainnya.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com