Yuk, Bikin Ketupat Lebaran


sumber : (http://1.bp.blogspot.com/-uSWbOm76Lpg/T0D8UsSW1KI/AAAAAAAAAHo/JZ5f6xEqpII/s1600/ketupat+hari+raya.JPG)

BARU menjalani puasa beberapa hari saja suasana lebaran sudah mulai terasa. Persiapan dalam menyambut hari kemenangan pun sudah mulai direncanakan oleh beberapa orang. Mau lebaran dimana? Pakai baju apa? Mau liburan kemana? Sampai menu spesial untuk disantap di hari lebaran pun sudah mulai direncanakan jauh-jauh hari.

Ngomong-ngomong soal menu lebaran, terdapat beberapa menu khusus untuk dinikmati di hari spesial umat muslim ini. Biasanya, salah satu menu yang harus selalu ada saat lebaran itu adalah opor ayam dan pasangannya yang kayak perangko, yakni ketupat.

Meskipun banyak yang memilih ketupat sebagai menu lebaran, tapi masih ada juga orang yang belum bisa membuat ketupat. Oleh karena itu, kali ini djamandoeloe.com mau ngasih resep cara membuat ketupat yang lezat. Jadi, simak baik-baik ya Sobat Djadoel.

Seperti biasa, hal pertama yang harus disiapkan dalam membuat ketupat adalah menyiapkan dulu bahan-bahannya:

Kulit ketupat beberapa buah, kulit ketupat ini bisa beli di pasar, jadi Sobat Djadoel enggak usah ribet nganyam sana sini.

1 kg Beras atau secukupnya (lebih enak lagi kalau pakai beras pandan wangi)

Air kapur sirih, sedikit saja (bisa juga enggak pake)

Air secukupnya

Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama, Sobat Djadoel jangan lupa untuk mencuci kulit ketupatnya terlebih dahulu, kemudian tiriskan. Selanjutnya, cuci beras yang sudah disiapkan hingga bersih, lalu rendam beras dalam air dingin selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu, beras diangkat dan tiriskan. Oh ya, jangan lupa tambahkan air kapur sirih, air ini berfungsi sebagai pengawet dan membuat ketupat lebih kenyal dan gurih.

Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, isi kulit ketupat dengan beras. Tapi ingat Sobat Djadoel jangan sampai penuh ya, cukup 2/3 bagian kulit ketupatnya saja. Sambil mengisi kulit ketupatnya, rebus air dalam panci besar dan tunggu sampai mendidih. Usahakan kulit ketupatnya mempunyai besar yang sama, supaya matangnya pun bersamaan. Enggak asyik kan kalo ketupanya cuman matang sebagian.

Setelah seluruh kulit ketupat terisi dan air sudah mendidih, langkah selanjutnya ialah memasukan ketupatnya ke dalam panci dan masak sampai matang kira-kira 4-5 jam. Pastikan ketupat selalu terendam air, kalau airnya mulai surut bisa ditambah lagi dengan air panas.

Nah, kalau sudah padat berarti ketupatnya sudah matang dan siap untuk diangkat. Jangan lupa ditiriskan dulu ya Sobat Djadoel supaya airnya enggak meleber kemana-mana. Sebaiknya, ketupat yang sudah matang digantung ditempat yang berangin supaya cepat padat dan airnya berkurang.

Mudah bukan cara membuatnya? Ketupat sangat cocok dihidangkan dengan opor ayam atau makanan yang berkuah, tapi dengan rendang atau kerupuk juga bisa. Nah, mumpung lebaran masih lama, ayo kita praktikkan resep ini supaya nanti pas lebaran Sobat Djadoel sudah bisa membuat ketupatnya sendiri. Selamat mencoba, Sobat Djadoel wink





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com