Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan


sumber: (http://blog.ub.ac.id/agarizal27/files/2012/04/Allah_1_by_mclili.jpg)

BULAN Ramadhan adalah bulan yang kedatangannya paling dinantikan oleh setiap umat Muslim. Mungkin sebagian Sobat Djadoel bertanya-tanya, apa sih keistimewaan bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan yang lain sampai-sampai banyak orang yang menunggunya?

Sebenarnya sangat banyak sekali keistimewaan bulan Ramadhan, mulai dari dibukanya pintu langit dan ditutupnya pintu neraka, diampuninya dosa–dosa yang telah lalu bagi yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman, dilipatgandakannya setiap pahala, dan masih banyak lagi. Salah satu keistimewaannya yang paling terkenal adalah adanya Lailatul Qadar. Malam yang paling diinginkan oleh setiap umat Muslim.

Lailatul Qadar adalah satu malam yang sangat penting yang hanya terjadi satu kali dalam setahun dan hanya ada ketika bulan Ramadhan. Di dalam Al Qur'an, Lailatul Qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, yang artinya setiap shalat dan amalan yang dilakukan pada malam ini lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan biasa.

Selain waktu diturunkannya Al-qur’an dan malam seribu bulan, banyak keistimewaan lain yang terjadi pada malam Lailatul Qadar. Seperti malam keberkahan, malam dimana Malaikat Jibril dan banyak malaikat lainnya turun ke bumi, malam yang penuh kesejahteraan, malam dicatatnya takdir setahun kedepan, dan malam dimana diampuninya dosa–dosa yang telah lalu bagi yang melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah.

Nah kalau begitu kapan nih malam Lailatul Qadar muncul? Hari apa dan tanggal berapa?. Banyak ulama berpendapat, datangnya Lailatul Qadar itu pada malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Bisa malam ke 21, 23, 25, sampai malam ke 29. Dan waktunya berpindah-pindah atau berbeda setiap tahunnya. Pendapat itu berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan”. Allah SWT sendiri enggak ngasih tahu kapan tepatnya malam ini datang. Tujuannya supaya tahu siapa yang sungguh-sungguh mencari malam ini dan siapa yang tidak.

Tapi gimana kita tahu malam Lailatul Qadar itu sudah datang atau belum? Jangan khawatir, karena ternyata ada beberapa tanda saat datangnya malam yang istimewa ini. Tanda-tandanya seperti langit yang tampak cerah dan tak ada aktivitas di galaksi misalnya bintang jatuh, udara dan angin yang terasa tenang, tidak begitu panas dan juga tidak begitu dingin, pada saat subuh matahari akan terbit dalam keadaan jernih tanpa sinar yang menyorot, dan pada pagi harinya matahari bersinar lemah dan tampak kemerah-merahan.

Bagi yang mendapatkan malam Lailatul Qadar ini, orang-orang akan merasakan ketenangan dan kelezatan dalam beribadah. Selain itu juga, orang bisa melihat malam ini dalam mimpinya seperti yang terjadi pada sebagian sahabat nabi.

Dalam malam Lailatul Qadar ini kita sangat dianjurkan memperbanyak do’a. Lebih-lebih do’a yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW berikut.

 ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).”

Dan yang paling penting di malam ini adalah menghidupkan malam Lailatul Qadar. Ini artinya kita harus lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam beribadah dengan dasar keimanan. Menghidupkan malam Lailatul Qadar juga enggak hanya bisa dilakukan dengan shalat saja, bisa juga dengan dzikir dan membaca Al Qur’an. Tapi amalan shalat lebih utama dari amalan lainnya di malam ini.

Nah, jadi begitu Sobat Djadooel. Malam Lailatul Qadar itu adalah malam yang sangat istimewa bagi seluruh umat Muslim. Karena begitu banyak kebaikan di dalamnya, sudah sepatutnya bagi Sobat Djadoel yang muslim supaya “berburu” yang namanya Lailatul Qadar.  Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan sebelumnya ya smiley





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com