Gameboy Dari Masa Ke Masa


DI saat anak-anak zaman sekarang asyik dengan konsol gamenya yang makin canggih, anak-anak yang sudah lahir di era 90-an mungkin akan rindu dengan konsol game zaman dulu yang biasa disebut gimbot, jimbot, gamewatch atau gameboy. Itu loh konsol game yang biasanya disewain di mamang-mamang penjual gulali atau ager, hehehe.

Konsol game keluaran Nintendo tersebut sudah sangat dikenal oleh kalangan pecinta game kala itu. Tapi tak banyak yang tahu bagaimana sejarah perkembangan konsol game paling populer di dunia ini.

Jadi, awalnya Gameboy diciptakan oleh seorang karyawan Nintendo yang bernama Gunpei Yokoi. Dalam pembuatannya ia berkolaborasi dengan divisi Nintendo Research & Development 1 yang sebelumnya berhasil memperkenalkan konsol Game & Watch pada tahun 1980. Sebenarnya gameboy merupakan gabungan dari fitur yang ada pada Game & Watch dengan Nintendo Entertainment System. Gameboy sendiri termasuk ke dalam concole game handheld, yang berarti konsol game yang bisa digenggam tangan dan bisa dibawa kemana-mana alias portable.

Hasil dari kolaborasi itu akhirnya diperkenalkan di Jepang pada 21 April 1989 dengan nama Gameboy atau nantinya dikenal dengan nama Gameboy, The Original. Saat itu gemboy dibanderol dengan harga sekitar Rp. 800.000 an. Meskipun masih memiliki tampilan layar hitam putih, tapi gemboy pertama ini mampu terjual 118 juta unit di seluruh dunia.

Tujuh tahun berselang, pada 3 September 1996 Nintendo mengeluarkan model terbarunya yang bernama Gameboy Pocket. Gemboy ini masih mengusung layar hitam putih, tapi bentuknya sudah lebih kecil dari seri sebelumnya dan lebih ringan serta memiliki baterai yang lebih tahan lama. Gameboy Pocket hanya memakai 2 baterei sedangkan yang original masih memakai 3 baterai.

Pada 14 April 1998, Nintendo juga mengeluarkan seri selanjutnya dengan nama Gameboy Light, tapi seri ini hanya dipasarkan di Jepang saja. Di seri ini Nintendo membenamkan sebuah teknologi cahaya pada layar, teknologi ini bernama "Electroluminescent backlight". Dengan teknologi tersebut Sobat Djadoel bisa bermain di dalam ruangan yang sangat redup atau gelap.

Setelah peluncuran Gameboy Light,  Nintendo mengeluarkan seri Gameboy Color pada 21 Oktober 1998. Sesuai dengan namannya, Gameboy Color sudah memiliki layar berwarna. Selain itu bentuk dari konsol ini terbilang lebih kecil daripada Game boy Original, tetapi lebih besar dan panjang daripada Game Boy Pocket. Pada saat itu, Kemunculan Gameboy Color ini mampu mengalahkan kompetitornya seperti SEGA dan Atari Lynx.

Setelah sukses dengan seri Color, Nintendo masih belum puas dan mengeluarkan seri Gameboy Advanced pada 21 Maret 2001. Seri ini sudah memakai processor 32 bit naik 2 tingkat dari seri sebelumnya yang hanya memakai processor 8bit. Selain itu, banyaknya game dengan berbagai judul yang mampu dimainkan di Gameboy Advanced, membuat Gameboy semakin terkenal dan menjadi konsol game nomor satu pada saat itu.

Gameboy Advanced SP (special) juga menjadi seri penerus Gameboy yang di released pada 6 Januari 2003. Dengan bentuk yang lebih compact, dan mempunyai fitur baterai yang bisa diisi ulang, menjadikan Gameboy seri ini sangat spesial seperti namanya.

Tidak hanya berhenti di situ, Nintendo akhirnya mengeluarkan seri terbarunya pada 1 September 2005. Pada seri terbaru ini Nintendo bisa dibilang sangat revolusioner karena membuat Gameboy Micro yang ukurannya paling kecil diantara seri lainnya. Dengan lebar hanya 4 inch dan tinggi 2 inch, Gameboy Micro menjadi game handheld terkecil di dunia. Meskipun bentuknya mini, tapi kemampuannya sama dengan Game Boy Advanced versi sebelumnya, bahkan gadget ini telah memiliki fitur pengaturan cahaya, besarnya intensitas cahaya untuk menerangi layarnya.  Gameboy Micro menjadi seri terakhir dari Gameboy sebelum munculnya konsol Nintendo DS.

Walaupun kehadiran konsol game baru telah membanjiri pasaran, tapi Gameboy masih memiliki banyak fans yang setia memainkannya. Maka tak heran jika sampai saat ini Gameboy masih menjadi konsol game paling laris di dunia.

Gimana Sobat Djadoel, masih tertarik main Gameboy?





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com