Cibaduyut, Sepatu, dan Buah


sumber(http://ilhamsabir.com/wp-content/uploads/2013/07/monumen_sepatu1.jpg)

SETIAP akhir pekan, kota Bandung selalu ramai dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Selain udaranya yang tergolong sejuk, dayat tarik kota Bandung lainnya terletak pada jajanan kulinernya serta pusat perbelanjaannya yang beragam.

Salah satu tempat wisata belanja yang terkenal di kota Paris Van Java ini adalah kawasan pengrajin sepatu Cibaduyut. Di sini, Sobat Djadoel bisa menemukan berbagai jenis sepatu yang kualitasnya tak kalah dari produk luar negeri. Bahkan banyak sekali orang luar yang mengimpor sepatu dari Cibaduyut ini.

Cibaduyut terletak dibagian selatan Kota Bandung. Wilayah yang memiliki landmark tugu sepatu raksasa ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 sebagai salah satu tujuan wisata belanja di Kota Bandung. Tapi pasti tak banyak yang tahu jika nama daerah ini diambil dari nama sebuah tumbuhan.

Kata Cibaduyut sebenarnya berasal dari dua kata, yakni ci atau cai yang berarti air, dan baduyut. Seperti daerah Bintaro di Jakarta yang dinamakan dari buah Bintaro, nama Cibaduyut juga diambil dari nama sebuah tumbuhan merambat yang bernama Baduyut. Tumbuhan ini mempunyai nama latin Trichosanthes villosa Blume atau jika dikelompokkan, tumbuhan ini masih satu kerabat dengan tumbuhan timun, semangka, dan melon karena mereka termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae atau keluarga labu.

Ciri dari tumbuhan ini adalah memiliki daun yang berbentuk bulat seperti telur dengan buah yang berbentuk elips dengan ukuran sekitar 15 cm. Buahnya berwarna hijau keputih-putihan atau kuning pucat dengan garis putih yang tebal. Sedangkan bagian dalamnya berwarna putih dan jika dimakan rasanya manis banget.

Tumbuhan yang mampu mencapai panjang hingga 24 meter ini ternyata mempunyai beragam khasiat. Diantaranya bisa untuk obat flu atau bisa juga Anda jadikan sebagai obat diare. Baduyut tersebar mulai dari Cina Selatan, Indochina, Thailand, sampai ke Indonesia. Tapi sayangnya, tumbuhan ini sudah tak ditemukan lagi di Cibaduyut. Tapi bagi Sobat Djadoel yang penasaran ingin melihat tumbuhan ini, Sobat Djadoel bisa main ke daerah pegunungan di Bandung Utara seperti Lembang atau ke daerah Bandung Selatan seperti Ciwidey. Mungkin di sana kita masih bisa menemukan tumbuhan yang dijadikan nama daerah Cibaduyut, walaupun jumlahnya tak banyak lagi.

Salah besar jika ada yang mengatakan “apalah arti sebuah nama” karena sebenarnya arti di balik sebuah nama tersimpan makna yang berarti, tak hanya nama orang tapi juga nama sebuah jalan. Well, mudah-mudahan saja info dari djamandoeloe.com ini bisa menambah pengetahuan Sobat Djadoel. Selamat jalan-jalan ke Cibaduyut.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com