Membuat Tamiya dan Robot Dari Kertas


(sumber: djamandoeloe.com)

KREATIF. Kata yang gampang diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilakukan ini mungkin sangat cocok untuk menggambarkan kehidupan anak-anak zaman dulu, khususnya anak-anak 90-an. Saking kreatifnya, anak-anak zaman dulu bisa membuat mainan mereka sendiri tanpa harus membelinya. Mereka bisa membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk, wayang dari daun singkong, sampai beberapa mainan yang bisa mereka buat dari kertas.

Satu mainan yang paling hits pada tahun 90-an yang bisa dibuat dari kertas adalah mobil Tamiya yang nantinya bisa diadu, bahkan bisa bertransformasi menjadi sebuah robot kertas. Dulu mainan ini suka dibuat oleh anak-anak SD dan menjadi mainan wajib kala istirahat atau enggak ada guru. Cara mengadunya juga sangat gampang, kita cukup menaruh Tamiya ini di lantai atau di atas meja terus kita tiup sekeras-kerasnya sehingga Tamiya kertas ini bisa melaju sangat kencang.

Bukan hanya memainkannya yang gampang, tapi cara membuatnya juga sangat mudah. Sobat Djadoel hanya perlu selembar kertas dan mengikuti tutorial di bawah ini.

1. Setelah kertas ada di tangan, Sobat Djadoel hanya perlu memotong kertas itu menjadi dua bagian yang sama besar. Caranya bisa dengan melipat kertas memanjang dan memotongnya dengan gunting atau penggaris, bahkan bisa juga hanya dengan tangan saja.

2. Setelah kertas terpotong menjadi dua bagian, ambil satu kertas dan lipat setiap ujung kertas bagian atas menjadi segitiga siku-siku. Dari ujung kiri ke arah kanan, dari ujung kanan ke kiri sehingga nanti ada bekas lipatan kertas berupa garis diagonal yang saling bertemu di tengah.

3. Setelah garis diagonal itu terlihat jelas, sobat djadoel tinggal membuat kepala Tamiya nya dengan melipat kertas mengikuti garis diagonal tadi sehingga membentuk segitiga sama kaki seperti sebuah gunung.

4. Kemudian balik kertas hingga kepala Tamiya yang barusan dibuat menghadap ke bawah.

5. Sekarang buat kepala Tamiya lagi di ujung kertas yang satunya. Caranya sama dengan yang pertama.

6. Setelah itu lipat pinggiran ke dua kertas sampai ketengah danmentok di kepala tamiya. Taruh hasil lipatan itu menghadap ke atas.

7. Kemudian kepala Tamiya yang ada di bagian atas di lipat ke dua sayapnya ke tengah, sehingga nantinya berbentuk seperti layang-layang.

8. Lalu, kepala yang menghadap kebawah di putar ke atas sehingga sekarang dua kepala Tamiya menjadi searah. Jangan lupa masukkan kepala yang tadi ada di bawah ke hasil lipatan yang seperti layangan tadi sehingga kedua kepala Tamiya itu bisa menyatu.

9. Langkah terakhir tinggal lipat sayap kepala bagian atas menjadi bentuk laying layang.

Gimana Sobat Djadoel, sudah jadi Tamiya kertasnya? Sangat sederhana memang permainan anak-anak yang satu ini. Kendati demikian, permainan sederhana seperti ini masih bisa membuat anak-anak zaman dulu tak kehilangan masa kecilnya dan yang paling penting tetap bisa mengasah kreatifitasnya.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat tutorialnya disini. Selamat mencoba ^^





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com