Seruput Bandrek


http://www.burgermonalisa.com/foto_produk/25bandrek.jpg

WILAYAH priangan memang terkenal dengan udaranya yang sejuk cenderung dingin. Seperti Bandung misalnya, dulu kota ini sangat terkenal sekali dengan udaranya yang dingin. Baik di pagi hari atau juga malam hari dinginnya bikin orang males ngapa-ngapain. Tapi orang Bandung punya cara unik untuk mengatasi dinginnya udara, salah satunya dengan minuman penghangat tubuh seperti bandrek.

Bandrek sendiri adalah salah satu jenis minuman tradisonal khas Jawa Barat yang banyak dikonsumsi ketika cuaca dingin seperti musim hujan atau malam hari. Minuman ini punya cita rasa unik, perpaduan manis dari gula merah dan agak sedikit spicy dari jahe. Sobat Djadoel akan merasakan aroma rempah-rempah yang sangat kuat pada minuman ini, karena selain terbuat dari jahe dan gula merah, bandrek juga kadang diberi rempah-rempah lainnya seperti serai, pandan, kayu manis, kapulaga, sampai merica dan sedikit cabai agar lebih pedas. Tak jarang juga pedagang yang menambahkan daging kelapa dalam bandrek supaya cita rasanya lebih gurih. Bahkan ada sebagian orang yang menambahkan telur ayam kampung ke daam minuman yang satu ini.

Menyeruput bandrek akan terasa sangat istimewa jika ditemani camilan pendamping seperti pisang goreng, kacang rebus, bakwan dan gorengan lainnya. Apalagi kalau gorengannya masih dalam keadaan panas, hmmm yummy....

Selain bisa menghangatkan tubuh, bandrek juga ternyata dipercaya sebagai minuman yang bisa mengusir beberapa penyaki, seperti batuk, sakit tenggorokan, melancarkan peredaran darah sampai penolak masuk angin. Mungkin karena khasiatnya inilah bandrek tidak hanya populer di Jawa Barat, tetapi sudah sangat terkenal ke penjuru Indonesia sampai ke negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Saking populernya minuman tradisional yang satu ini, sekarang sudah banyak orang yang membuat varian baru bandrek dengan mencampurkan cokelat, susu atau bahan lainnya sehingga bandrek semakin memiliki cita rasa internasional. Mungkin karena itu juga sekarang sudah banyak ditemukan bandrek dalam kemasan sachet siap saji. Jadi kita enggak perlu repot-repot mencari tukang bandrek keliling seperti zaman dulu, tinggal menyeduh bubuk bandrek Sobat Djadoel sudah bisa menikmatinya di manapun dan kapanpu tanpa menghilangkan cita rasa bandrek yang sebenarnya.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com