Selamat Hari Guru


Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru

Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku

Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku

Sebagai prasasti terima kasihku

Tuk pengabdianmu

Engkau sabagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa

Tanpa tanda jasa

-Pahlawan Tanpa Tanda Jasa- oleh: Sartono

 

Lagu di atas menggambarkan betapa hebatnya jasa seorang guru bagi kita semua. Selain orangtua, mereka juga lah yang membantu kita belajar menulis, membaca, dan sebagainya.

 Mereka sangat sabar mengajari kita mulai dari mengenal angka dan huruf, kemudian mengejanya sampai akhirnya bisa membaca dan menulis dengan lancar seperti sekarang ini. Tapi sebenarnya jasa mereka pada kita lebih dari sekedar mengajari membaca dan menulis saja. Kita bisa sukses dan hidup seperti sekarang pastinya ada andil dari seorang guru. Jadi tak heran jika hampir setiap negara di dunia sangat menghargai yang namanya guru, sampai mereka membuat satu hari spesial yang didedikasikan untuk memperingati jasa-jasa besar para guru.

Nah kalau di Indonesia, hari untuk memperingati jasa guru kita kenal dengan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November. Tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Guru Nasional melalui surat keputusan presiden no 78 tahun 1994. Penetapan tanggal 25 November sebagai hari guru juga tak bisa lepas dari lahirnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pada 25 November 1945.

Organisasi yang semula bernama Persatuan Guru Hindia Belanda ini awanlnya dibentuk pada 1912. Kemudian pada tahun 1932, namanya berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia. Namun pada masa penjajahan Jepang, hampir semua organisasi di Indonesia dikebiri termasuk organisasi guru ini.

Setelah Indonesia merdeka, organisasi guru ini kembali eksis dan berhasil mengadakan Kongres Guru Indonesia untuk pertama kalinya pada 24-25 November 1945, yang akhirnya melahirkan PGRI. Organisasi inilah yang kemudian berperan penting dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Bicara soal guru, kita pasti sepakat bahwa guru adalah golongan yang mempunyai peranan penting untuk memberi pendidikan kepada anak-anak dan masyarakat. Guru juga bertanggungjawab membentuk generasi yang berilmupengetahuan, berketerampilan, berwawasan dan berakhlak mulia. Guru juga berperan sebagai pendidik yang membuat para pelajar supaya menjadi manusia berguna bagi bangsa, negara dan agama. Jadi, sudah seharusnya kita menghormati dan menghargai para guru kerana jasa-jasa mereka tidak akan terhitung oleh kita.

Selamat Hari Guru untuk semua Bapak dan Ibu Guru, Sang "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa."





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com