»Other

Kuis Fenomenal di Era 90 dan 2000-an


Share


TAHUN 90 dan 2000-an bisa dibilang adalah tahunnya perkuisan di Indonesia. Setiap stasiun televisi berlomba menyuguhkan berbagai kuis yang sangat menarik untuk penonton di rumah.

Inilah beberapa kuis yang sempat populer di era 90 dan 2000-an. So, cekidot.

 

Kuis Keluarga Lifebuoy

Dulu kius ini ditayangin di RCTI pas siang-siang. Pembawa acaranya seorang wanita bernama Cathy Bonn. Saking populernya kuis ini, dulu enggak gaul kalau sabun mandinya enggak pake Lifebouy. Salah satu babak yang paling diinget dari kuis ini adalah adanya tebak gambar.

 

Tak Tik Boom

Dalam kuis ini kita diwajibkan menjawab berbagai pertanyaan yang ada di panel kategori dan harus membentuk jalur tertentu seperti kesamping atau menyilang. Jadi kita harus mengatur strategi supaya jalur kita tidak dijegal oleh lawan atau sebaliknya kita harus menjegal jalur lawan. Kategorinya lumayan banyak, ada tentang sejarah, politik, ekonomi sampai kategori umum. Kuis yang dulu dipandu oleh Dede Yusuf ini menawarkan hadiah yang cukup besar untuk saat itu. Kuis ini ditayangkan oleh RCTI setiap Jum’at malam selama delapan tahun dari 1990. Kuis yang terdiri dari tiga babak permainan, yaitu Tak Tik Game, Tak Tik Bonus, dan Tak Tik Super Bonus ini juga pernah dibawakan oleh Charles Bonar Sirait

 

Berpacu Dalam Melodi

Ini adalah salah satu kuis yang sangat menghibur, karena kita akan disuguhkan berbagai melodi lagu yang harus kita tebak judulnya. Kuis ini dipandu oleh Koes Hendratmo. Yang khas dari kuis ini selain om Hendratmonya, sehabis kita menebak judul lagu biasanya kita akan menyanyikan lagu tersebut bersamaan. Dulu, kuis ini ditayangkan di stasiun TV TVRI.

 

Jari Jari

Kuis yang dipandu oleh Pepeng ini bisa dikatatakan sebagai pelopor kuis langsung via telepon. Meskipun hanya 3 menit setiap tayangnya, tapi kuis ini begitu dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu kuis ini punya sebuah jargon ciri khas yang sampai sekarang masih menggema dalam memori anak generasi 90-an. Jargon tersebut akan disebutkan oleh si penelepon saat Pepeng menanyakan passwordnya. Jargon itu adalah “ Jari Jariiiii”.

 

Siapa Dia

Peserta kuis ini biasanya ada empat orang yang harus menebak apa profesi dari seorang tamu misterius. Para peserta diperbolehkan menanyakan sesuatu pada tamu misterius ini, tapi sang tamu hanya boleh menjawab dengan Ya atau Tidak. Kuis ini dulu dibawakan oleh kang Aom Kusman dengan jargon “Bolehkan aku melihat sari wajahmu...... O O siapa dia?”.

 

Kuis KATA BERKAIT

Kuis yang dibawakan oleh Nico Siahaan dan ditayangkan di RCTI ini sangat populer di tahun 1995-2001.

 

Kuis APA INI APA ITU

Kusi yang dipandu Jeffrey Waworuntu dan ditayangkan di RCTI ini mengharuskan setiap peserta menebak setiap gambar untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Kuis ini terdiri dari tiga babak dengan materi pertanyaan kuis berupa, tebak gambar, seputar film, program, suara misteri dan seputar lagu yang siap menghibur pemirsa dirumah. Pemenangnya adalah peserta dengan nilai poin tertinggi dan berhak mendapatkan hadiah utama serta berkesempatan untuk maju ke babak jackpot untuk melipatgandakan hadiah utama yang didapatnya. Kuis ini tayang di RCTI dari tahun 1995-2000.

 

Kuis FAMILI 100

Ini adalah salah satu kuis paling fenomenal di Indonesia. Kuis yang melambungkan nama Sonny Tulung ini setiap permainannya diikuti oleh dua keluarga yang harus menebak hasil survei 100 orang dalam sebuah kategori. Family 100 mulai tayang tahun 1996 dan berakhir di tahun 2004. Jargon dari kuis ini adalah "Survey Membuktikan".

 

Kuis PIRAMIDA

Kuis yang dipandu oleh Ronny Sianturi ini sangat populer di tahun 1995-2000. Setiap peserta dalam kuis ini diharuskan menebak sebuah kata yang berada dalam sebuah Piramida.

 

Kuis WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE

Kuis yang sangat berjaya di tahun 2001-2006 ini dipandu oleh seorang Tantowi Yahya dan ditayangkan oleh RCTI. Kuis ini dimulai dari sebuah pertanyaan yang dilontarkan kepada semua peserta. Bagi peserta yang menjawab dengan benar dan paling cepat, ia berhak maju ke babak utama dan duduk di kursi panas.

Di babak ini peserta akan dihadapkan pada 15 pertanyaan pilihan ganda yang setiap pertanyaan memiliki nilai hadiah yang berbeda. Dalam menjawab pertanyaanya, peserta diberi tiga bantuan, yakni Ask The Audience, 50:50, Phone A Friend.



Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus


»Other

Rindu Acara Musik Anak-Anak

ACARA musik saat ini hampir ada di setiap stasiun televisi. Sayangnya, acara musik sekarang tidak seperti dulu yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Dan parahnya lagi, acara…

»Other

RESOLUSI TAHUN 2014, REALISASIKAN MIMPI DENGAN “8 LANGKAH AJAIB MENUJU KE LANGIT”

Happy New Year :D, Tahun Baru 2014 tinggal hitungan jam. Berbagai evaluasi atas pencapain selama tahun 2013  mungkin telah sobat lakukan. Dan rencana resolusi serta…

»Other

Kuis Fenomenal di Era 90 dan 2000-an

TAHUN 90 dan 2000-an bisa dibilang adalah tahunnya perkuisan di Indonesia. Setiap stasiun televisi berlomba menyuguhkan berbagai kuis yang sangat menarik untuk penonton di rumah. …

»Other

Fakta-fakta Unik Doraemon

SOBAT Djadoel semua pasti sudah tidak asing lagi dengan tokoh anime Doraemon. Si robot kucing yang satu ini memang telah lama hadir dan menemani anak-anak baik…