Ada Apa Dengan Cinta?


(sumber foto: wikipedia)

Pecahkan saja gelasnya biar ramai

Biar mengaduh sampai gaduh

Anak generasi 90-an, pasti tahu deh penggalan bait puisi di atas atau malah jangan-jangan ada yang baper (kebawa perasaan) sama puisi ini, hehe. Nah, buat yang belum tahu dengan puisi di atas, kali ini mimin bakal kasih tahu, bukan soal puisinya aja, tapi juga soal hubungan puisi itu dengan anak generasi 90-an.

Jadi, dulu tuh sekitar tahun 2002-an, sebuah film buatan Indonesia yang berjudul “Ada Apa Dengan Cinta” (AADC) rilis dan berhasil menarik perhatian banyak penonton. Kesuksesan film drama romantis remaja ini menandai kebangkitan kembali dunia perfilman Indonesia saat itu. Saking suksesnya film AADC di era 90-an, banyak remaja yang mengikuti gaya para pemainnya dan tak sedikit juga yang membuat parodi dari adegan-adegan menarik di film AADC ini.

Nah, penggalan puisi di atas sebagai pembuka tulisan ini adalah salah satu puisi yang banyak diparodikan saat itu. Puisi yang berjudul “Tentang Seseorang” ini merupakan salah satu puisi yang ada di film Ada Apa Dengan Cinta yang dibacakan oleh Cinta.

Film AADC ini berkisah tentang kisah cinta dua remaja yang memiliki kepribadian yang bertolak belakang, bernama Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra). Cinta adalah gadis remaja yang cantik, supel, cerdas, dan sangat percaya diri. Selain popular di sekolahnya, Cinta juga dipercaya sebagai ketua pengurus mading (majalah dinding). Sementara itu, Rangga adalah seorang siswa pendiam yang dingin dan senang menyendiri.

Rangga yang mulanya dicap sebagai cowok yang nyebelin oleh Cinta malah membuat hidupnya berubah. Selain itu, perkenalan Cinta dengan Rangga pun mengubah perspektifnya tentang persahabatan dan siapa dirinya sebagai seorang individu. Yang udah nonton sih pasti udah tahu dong ya cerita selengkapnya kayak gimana, buat yang belum nonton bisa cari filmnya di tempat-tempat penjual film terdekat atau cari di internet ya, hehe.

Setelah 14 tahun generasi 90-an dibuat baper sama nih film, eh sekarang siap-siap baper lagi ya karena mulai Kamis, 28 April 2016, akan tayang AADC 2. Wah, anak-anak generasi 90-an yang ingin bernostalgia dengan film dan para pemain AADC, pasti udah enggak sabar dengan film kelanjutannya yang bakal tayang di bioskop. Mimin juga penasaran nih, gimana ya kabarnya Rangga dan Cinta setelah 14 tahun enggak ketemu? :D

Sebelum nonton AADC 2-nya nanti, mimin mau kasih beberapa adegan atau kalimat-kalimat di AADC 1 yang bakal bikin senyum-senyum sendiri kalau inget dulu. Ini dia:

1. Tarian yang dilakukan lima serangkai gengnya Cinta, Alya (Ladya Cheryl), Maura (Titi Kamal), Milly (Sissy Priscillia), dan Karmen (Adinia Wirasti). Tarian kelima gadis remaja ini diiringi lagu Ku Bahagia ciptaan Melly Goeslaw. Hayo siapa yang pernah ikutan nge-dance kayak gengnya Cinta ini? :p
(sumber foto: http://www.cnnindonesia.com/)
 
2. Adegan Rangga yang sedang membaca buku Aku karya Sjuma Djaya dan kemudian dia melempar pensil ke arah dua sejoli yang sedang berpacaran di perpustakaan. Ini nih, adegan yang banyak ditiru remaja-remaja sekolah generasi 90-an biar dibilang mirip Rangga, hihi. 
(sumber foto: http://www.cnnindonesia.com/)
 
3. Kalimat-kalimat Cinta yang kemudian jadi kalimat nge-hits di kalangan remaja dan sering dijadikan lelucon: “Basi, madingnya udah siap terbit!”, “Jadi kalau lo merasa asing di tempat seperti ini, itu salah gue? Terus kalau lo enggak punya teman, itu juga salah gue? Salah temen-temen gue?”
 
4. Adegan Cinta yang ngambek di toko buku langganannya Rangga. Di adegan itu Cinta pergi gitu aja ninggalin Rangga dan Pak Limbong (alm. Gito Rollies), pemilik toko buku, bilang sama Rangga, “Kalau sampai dia menengok kemari, itu berarti dia berharap kau mengejarnya”. Dan eng ing eng, dalam hitungan ketiga, eh si Cinta beneran nengok.
(sumber foto: http://www.genmuda.com/)
 
5. Adegan pas Rangga sama Cinta jalan kaki malam-malam pulang dari kafe karena enggak dapet taksi buat pulang.  Di tengah jalan, mereka berhenti sebentar kemudian Rangga iseng menendang pohon supaya air bekas hujan yang ada di pohon tersebut jatuh kena cinta. Duh, Rangga bikin baper aja nih ya :p\
(sumber foto: http://www.genmuda.com/)
 
 
6. Adegan ketika Cinta mengejar Rangga di Bandara. Adegan ini mah udah jelas banget lah ya jadi cri khasnya AADC :D
(sumber foto: http://www.genmuda.com/)
 

 





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com