Romantisme Kota Bandung


"Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum" - M. A. W. Brouwer
"Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi" - Pidi Baiq
 
Yups, dua ungkapan di atas kerap dituliskan warga Kota Bandung yang sedang merantau dan dirundung rindu akan kota kelahirannya atau warga kota lain yang sudah terlanjur jatuh cinta sama Kota Bandung. 
 
Bandung yang dikenal dengan julukan Paris van Java ini memang memiliki berjuta pesona yang membuat sebagian besar orang selalu rindu untuk kembali ke Bandung. Kalau kata Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta nasional , "Bandung itu kotanya sangat romantis, setiap gerimis otomatis romantis"
 
Apa sih yang bikin Kota Bandung disebut sebagai kota romantis dan dirindukan banyak orang? Mungkin beberapa tempat menarik ini yang menjadikan Bandung disebut-sebut sebagai salah satu kota romantis di Indonesia. Yuk, cekidot :)
 
 
#1. Area pegunungan
 
Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat, untuk sampai ke kota ini kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam dari ibu kota Indonesia alias Jakarta. Karena terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh pegunungan, udara di kota Bandung pun terasa begitu sejuk. 
 
Selain sejuk, di area pegunungan inilah kalian akan banyak menemukan tempat-tempat menarik di Bandung, salah satunya di daerah Lembang yang berada di Bandung Barat. Di daerah ini, Sobat Djadoel disuguhkan dengan aneka ragam tempat rekreasi keluarga, kafe dan restoran, tempat penginapan romantis dengan pemandangan yang tak kalah romantis, pemandian air panas, serta area hiking ataupun outbondAdapula Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi primdona tempat wisatanya Bandung. 
 
Selanjutnya, daerah Punclut, salah satu kawasan yang terletak di sebelah utara Kota Bandung. Punclut yang merupakan singkatan dari Puncak Ciumbuleuit ini merupakan dataran tinggi terdekat dari Kota Bandung. Dari lokasi ini kita dapat melihat bentuk geografis Kota Bandung yang berbentuk seperti cekungan. Selain itu, dari sini juga kita dapat melihat pegunungan Malabar, Patuha dan Waringin di sebelah selatan Kota Bandung. 
 
Di sini, Sobat Djadoel dapat menemukan jajaran kios dan pedagang kaki lima di sisi kiri dan kanan jalan yang menjual berbagai macam pernak pernik dan juga berbagai macam makanan tradisional khas Sunda. Di kawasan inilah, Sobat Djadoel akan merasakan indahnya romantisme kehidupan pedesaan bumi Pasundan.
 
Kemudian, mari kita ke Bandung Utara yang juga tak kalah indahnya. Di kawasan ini, Bandung memiliki sebuah tempat untuk berburu bintang, sunrise, dan sunset, yakni Puncak Bintang - Bukit Moko. Sambil menikmati keindahan alam yang Tuhan ciptakan, Sobat Djadoel juga bisa sambil menikmati kuliner khas Jawa Barat, seperti bandrek dan bajigur di Bukit Moko ini.
 
Jalan ke arah Bandung Selatan, Sobat Djadoel bisa menikmati pegunungan, kebun teh dan tempat romantis lainnya di daerah Ciwidey, seperti Kawah Putih, Situ Patengan, dan lain-lain. 
 
Untuk mencapai ke area pegunungan di Bandung memang membutuhkan sedikit perjuangan, karena cukup jauh dari pusat kota bandung dan kalau hari libur tiba kondisi jalan pun cukup macet. Akan tetapi, semua  perjuangan itu akan terbayarkan dengan keindahan yang didapat.
 
#2. Mesin Waktu Asia Afrika
 
Tempat romantis yang satu ini sangat terkenal, terutama setelah peringatan Konferensi Asia Afrika yang ke-60. Kala itu, Walikota Bandung Ridwan Kamil berhasil memoles Jalan Asia Afrika menjadi tempat yang sangat indah. Jalan yang menjadi salah satu kawasan primadona para wisatawan ini seakan membawa kita ke kota-kota di Eropa masa lampau. Apalagi saat malam tiba, kesan romantis yang diberikan lampu-lampu kota begitu terasa.
 
Di tempat ini juga, Sobat Djadoel bisa menikmati indahnya bangunan-bangunan cagar budaya peninggalan Belanda. Selain itu, jalan sedikit ke arah Braga, Sobat Djadoel bisa menikmati beragam makanan dari mulai tradisional hingga makanan khas Belanda di restoran yang sebagian besar tempatnya merupakan tempat peninggalan zaman Hindia Belanda, bahkan ada juga restoran yang dari zaman Belanda hingga sekarang masih beroperasi. 
 
 
#3. Romantisme Taman Kota
 
Sejak dipimpin oleh Ridwan Kamil,  Bandung menjelma menjadi kota yang memiliki banyak taman sebagai area publik. Berjalan-jalan disekitar Bandung bersama keluarga dan pasangan mengunjungi setiap taman menjadi liburan yang cukup romantis dan juga ekonomis.
 
#4. Tempat Makan Romantis
 
Berbicara soal kuliner, tentu saja Bandung dikenal sebagai salah satu kota yang disebut sebagai gudangnya kuliner. Beragam kuliner bisa Sobat Djadoel temukan di Kota Bandung. Tak hanya soal rasa, konsep dari tempat makan yang ada di Kota Bandung pun terbilang banyak yang unik dan sangat beragam. Misalnya yang ingin ke tempat makan dengan nuansa romantis, Sobat Djadoel bisa menemuinya di daerah Dago atau Lembang.
 
Itulah beberapa fakta yang berhasil djamandoeloe.com rangkum mengenai tempat menarik yang menjadikan Bandung sebagai salah satu tempat romantis di indonesia. Mungkin, ada Sobat Djadoel yang ingin menambahkan? Yuk, dishare di kolom komentar :) (dari berbagai sumber)




Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com