Keliling Indonesia di TMII


Taman Mini Indonesia Indah (sumber:http://http://www.lensaindonesia.com)

SOBAT Djadoel ingin berwisata keliling Indonesia tanpa mengocek banyak uang? Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu solusinya. Hanya dengan tiket masuk sekitar Rp 9000/orang dan untuk tarif parkir Rp 6000 per motor dan Rp 10.000 per mobil dijamin kamu bisa mengenal lebih jauh tentang Indonesia. (harga tahun 2012)

TMII yang terletak di Jakarta Timur ini mulai dibangun tahun 1972 di area seluas kurang lebih 150 hektar dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975, sebagai sebuah kawasan wisata bertemakan kebudayaan Indonesia. TMII sendiri dibangun atas gagasan Ibu Negara kala itu, yakni Ibu Siti Hartinah atau yang lebih dikenal dengan Ibu Tien Soeharto. Dari zaman dulu sampai sekarang TMII menjadi salah satu kawasan wisata terkemuka di Jakarta.

Di TMII ini Sobat Djadoel bisa mengunjungi Anjungan Daerah. TMII memiliki banyak anjungan provinsi yang bisa didatangi kapan saja. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat. Anjungan ini juga menampilkan baju dan pakaian adat, busana pernikahan, baju tari, serta artefak etnografi seperti senjata khas dan perabot sehari-hari, model bangunan, dan kerajinan tangan. Beberapa anjungan juga dilengkapi kafetaria atau warung kecil yang menyajikan berbagai Masakan Indonesia khas provinsi tersebut. Jadi, di sana Sobat Djadoel bisa icip-icip makanan khasnya juga lho. Asyiknya, semua anjungan tersebut bisa Sobat Djadoel datangi dengan cuma-cuma.

Jika tidak ingin melepaskan sisi pendidikan saat liburan, Sobat Djadeol juga bisa masuk ke Museum Indonesia yang terletak di samping Gedung Pusat Pengelola TMII dengan posisi menghadap arah selatan. Museum ini mulai dibangun pada tahun 1976 di atas tanah seluas 20.100 m2, sedangkan gedung utama seluas 7.000 m2. Selain itu juga ada Museum Trasnportasi, Museum Olahraga, Museum Keprajuritan Indonesia dan masih banyak lagi. Semuanya ada 16 museum yang ada di TMII ini. Satu tempat di TMII yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Pusat Peraga IPTEK (PP IPTEK). Di sini, Sobat Djadoel tidak hanya bisa bermain tetapi juga belajar mengenai teknologi.

Selain museum, Sobat Djadoel juga bisa menemukan tujuh bangunan keagamaan. Mulai dari Masjid Pangeran Diponegoro bagi umat Muslim, Gereja Katolik Santa Chatarina bagi umat Katolik, Gereja Protestan Haleluya bagi umat Kristiani, Pura Penataran Agung Kertabhumi bagi umat Hindu, Wihara Arya Dwipa Arama bagi umat Budha, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa bagi pemeluk ajaran keyakinan di Jawa, dan Klenteng Kong Miau bagi pemeluk Kong Hu Chu. Di sini kita bisa mengambil makna bahwa kita harus saling menghormati antar pemeluk agama.

Bagi Sobat Djadoel yang ingin mengenal keindahan flora dan fauna yang ada di Indonesia, di TMII juga ada 10 taman yang menampilkan keindahan itu semua. Mulai dari Taman Anggrek, Taman Brung, Taman Melati sampai Taman Apotek Hidup.

Untuk sarana rekreasi lainnya ada juga Taman Anak-Anak Indonesia, yang bangunannya dibuat seperti kastil-kastil di negeri dongeng. Di area ini ada komidi putar, giring ombak, kolam renang atau mandi bola.

Yang tidak bisa dihilangkan dari TMII ialah adanya Skylift atau kereta gantung, bahkan Skylift ini sudah melekat sebagai ikon taman wisata keluarga di Jakarta ini. Maklum, tanpa skylift, pengunjung akan sulit menikmati kepulauan Indonesia dari atas danau, berikut dengan fasilitas yang ada di taman ini. Dengan lintasan kawat baja setinggi 15-20 meter dari permukaan tanah, penumpang Skylift dapat menikmati keindahan panorama dari udara, hamparan Miniatur Arsipel Indonesia dan kawasan Taman Mini. Bagi yang takut ketinggian Sobat Djadoel bisa menggunakan Aeromovel Indonesia (Monorail) untuk mengelilingi TMII ini.

Tak lengkap rasanya jika sobat djadoel berwisata ke TMII tapi tidak mengunjungi Keong Mas atau nama resminya Teater IMAX Keong Mas. Keong Mas ini berfungsi sebagai sarana pendidikan dan promosi kekayaan alam budaya Indonesia. Sekilas jika dilihat dari udara melalui kereta gantung, gedung ini nampak seperti seekor keong/siput, yang berkilauan dengan warna keemasan yang menjadi salah satu ciri khas dari TMII. Di teater Keong Mas ini Sobat Djadoel bisa menonton beberapa film dokumenter dalam seri Indonesia Indah dengan teknologi audio visual yang canggih. Ukuran layar di teater IMAX ini termasuk raksasa, karena jauh lebih besar daripada layar bioskop ukuran normal. Di teater IMAX Keong Mas ini juga diputar berbagai film mulai dari film bertemakan lingkungan dan kebudayaan nusantara sampai film-film box office yang resolusinya diubah menjadi khusus untuk teater IMAX. Film IMAX yang diputar antara lain Indonesia Indah II, Force of Nature, T-Rex, Blue Planet, Arabia, Journey to Mecca, dll. Bahkan film-film box office juga pernah diputar di sini. Salah satun film box office yang pernah diputar disini yaitu Final Destination. Di area Keong Mas ini juga ada beberapa fasilitas luar ruangan. Seperti outbond dan arena skateboard. Selain teater IMAX di TMII juga ada teater Tanah Airku dan teater 4D.

So, bagi Sobat Djadoel mari kita kenali lebih dalam tentang negeri yang kita cintai ini. Berwisata keliling Indonesia merupakan salah satu cara untuk mengenal negeri ini, tapi jika tak bisapun tak apa arena TMII ini bisa menjadi alternatif bagi Sobat Djadoel untuk mengenal lebih jauh negeri ini hanya dalam suatu kawasan wisata. Yuk berwisata edukasi di TMII smiley





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com