Penanggalan Kalender Itu Ada Banyak Lho!


Illustrasi Kalender (sumber:https://www.madison.k12.wi.us)

TAHUN Baru, Semangat baru dan tidak lupa Kalender Baru. Tapi apa Sobat Djadoel tahu di dunia ini terdapat berbagai macam jenis kalender. Kalender-kalender tersebut digunakan oleh beberapa etnis atau bangsa untuk mendampingi sistem pengkalenderan baru yang diakui sekarang. Dan kali ini djamandoeloe.com akan membahas beberapa kalender yang ada di dunia. Cekidot.

Kalender yang paling terkenal di dunia adalah kalender Masehi. Sebenarnya kalender Masehi bernama kalender Gregorian, karena pada zaman dulu yang menyetujui digunakannya kalender ini adalah Paus Gregorius XIII, yakni pada 24 Februari 1582. Kalender ini merupakan usulan Dr. Aloysius Lilius dari Napoli-Italia. Lalu, mengapa lebih terkenal dengan kalender Masehi? Karena penanggalan tahun kalender ini berdasarkan tahun Masehi yang penanggalannya dimulai sejak kelahiran Isa Almasih. Kalender ini pada awalnya banyak digunakan oleh umat Kristiani, tapi sekarang seluruh negara di dunia sudah menggunakan sistem penanggalan ini.

Di beberapa negara yang mayoritas orangnya menganut agama Islam, selain mengenal kalender Masehi juga mengenal sistem penanggalan Hijriah.  Kalender Hijriah atau Kalender Islam adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan, tanggal 1 Syawal dan berbagai hari besar keagamaan Islam lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriah, karena penetapan tahun pertama pada kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Kalender ini ditetapkan pada  masa pemerintahan Umar bin Khathab.

Kalender Hijriah dibuat berdasarkan rata-rata siklus sinodik, bulan pada kalender lunar yang memiliki 12 bulan dalam setahun. Penentuan awal bulan pada kalender Hijriah ditandai dengan munculnya penampakan Bulan Sabit pertama kali (hilal) setelah bulan baru (ijtimak). Jumlah hari akan genap atau dibulatkan menjadi 30 hari jika hilal tidak terlihat pada hari ke-29.

Di Indonesia selain kalender Masehi dan kalender Hijriah juga dikenal kalender Jawa. Kalender Jawa merupakan warisan dari Sultan Agung Mataram. Kalender ini memadukan antara kalender jawa pada saat itu dengan kalender Islam dan dipengaruhi juga oleh budaya Hindu-Budha Jawa dan juga sedikit budaya Barat. Dalam kalender Jawa ada dua siklus hari yang dipakai, yakni siklus mingguan yang terdiri dari 7 hari dan siklus pekan pancawara yang terdiri dari 5 hari pasaran.  

Kalender yang lainnya adalah kalender Saka. Kalender yang berasal dari India ini merupakan sebuah penanggalan syamsiah-kamariah (candra-surya) atau kalender luni-solar. Satu tahun dalam kalender ini terdiri dari dua belas bulan. Kalender ini merupakan kalender yang digunakan oleh masyarakat Jawa sebelum ditetapkannya kalender Jawa. Karena dulu banyak masyarakat Jawa yang menganut agama Hindu seperti di India.

Sedangkan di Jepang sampai akhir tahun ke-5 zaman Meiji atau sekitar 1872 masih menggunakan kalender Tempō. Kalender ini merupakan kalender lunisolar yang dalam satu tahun terbagi menjadi 12 bulan. Sedangkan di negeri tetangganya yakni Cina juga memiliki kalender sendiri yaitu kalender Tionghoa atau Imlek, yang diciptakan oleh Huang Di. Menurut legenda kalender ini berkembang sejak 3 milenium SM dan diyakini sebagai sistem penanggalan paling lama yang masih digunakan di dunia hingga saat ini.

Zaman dulu di Eropa tepatnya di Romawi juga ada kalender Julius atau Kalender Julian. Kalender ini diusulkan oleh astronom Sosigenes kepada Julius Caesar yang kemudian diberlakukan oleh Julius Caesar pada 1 Januari 45 sebelum Masehi. Kalender ini merupakan awal dari terbentuknya kalender Masehi yang hingga sekarang digunakan oleh masyarakat dunia. Kalender ini merupakan tahun syamsiah (matahari) dengan jumlah hari tetap setiap bulannya.

Kemudian ada juga kalender Yahudi atau Kalender Ibrani. Kalender ini adalah kalender yang digunakan oleh bangsa Yahudi. Pada kalender ini setiap satu tahun mempunyai 12 bulan, dengan setiap bulannya berjumlah 29 atau 30 hari dan kurang lebih berjumlah 354 hari setiap tahunnya. Kalender Yahudi tertua yang pernah ditemukan disebut dengan Sedar Olam yang dibuat oleh rabi Yos ben Halafta. Penetapan kalendar ini didasarkan pada usia orang-orang yang tercatat dalam Alkitab dan 6 hari penciptaan.

Selain itu juga ada kalender kalender Maya yang sempat heboh di tahun 2012. Kalender Maya merupakan sistem kalender yang disusun oleh sebuah peradaban yang dikenal dengan suku Maya. Kalender ini diciptakan pada masa Baktun ke-6 (sekitar tahun 747-353 SM). Satu siklus dalam perhitungan kalender ini memiliki lama waktu 260 hari yang terbagi dalam 13 trecena dan lama waktu setiap trecena adalah 20 hari.

Tapi secara garis besar kalender-kalender yang ada di dunia ini dapat dikelompokan menjadi tiga jenis. Yang pertama adalah kalender Solar (berdasarkan pada peredaran matahari) yang satu tahunnya adalah lamanya bumi mengelilingi matahari. Kalender yang termasuk kalender Solar seperti Kalender Masehi, Iran dan Jepang. Yang kedua adalah kalender lunar (berdasarkan peredaran bulan) di mana satu tahunnya adalah dua belas kali lamanya bulan mengelilingi bumi. Yang termasuk kalender Lunar ini seperti kalender Hijriah, Jawa dan Sunda. Sedangkan yang terakhir adalah kalender Lunisolar. Kalender ini ialah kalender lunar yang disesuaikan dengan matahari. Setiap tiga tahun sekali kalender Lunisolar menambahkan satu bulan tambahan (bulan interkalasi) menjadi 13 bulan dalam setahun, ini karena dalam satu tahun kalender Lunar lebih cepat 11 hari dari kalender Solar. Hal itu dilakukan agar kalender ini kembali sesuai dengan perjalanan matahari. Dan yang termasuk kalender Lunisolar adalah kalender Imlek, kalender Saka, dan kalender Yahudi.

Memang semua kalender berbeda-beda, semuanya mempunyai ciri khas masing-masing. Tapi satu yang jelas, semua kalender di atas mempunyai satu kesamaan yakni sistem penanggalannya didasarkan pada perubahan alam. Seharusnya perbedaan bukan untuk dipermasalahkan melainkan untuk saling melengkapai. Selamat Tahun Baru 2013 Sobat Djadoel. wink





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com