Boyband Dari Tahun ke Tahun


Sumber foto: (dari berbagai sumber/reedit djamandoeloe.com)

 

SIAPA yang tak mengenal Super Junior, 2PM, Shinee, BigBang, 2AM? Mereka adalah boyband asal Korea yang sedang digandrungi remaja sekarang, khususnya remaja wanita. Selain dari Korea, ada juga boyband dari Inggris yang sedang mencuat bahkan di Indonesia lagunya sempat dijadikan lagu kampanye, siapa lagi kalau bukan One Direction. Kalau di Indonesia sendiri enggak usah ditanya lah ya, yang namanya boyband kayaknya udah bejubel deh, hehe.

Tapi apa Sobat Djadoel tahu, sebelum era boyband sekarang yang didominasi boyband Korea, zaman dulu boyband dari negeri barat (Amerika dan Inggris Raya) juga pernah menjadi idola dunia loh? Yuk, kita bernostalgia dengan boyband-boyband lawas bareng djamandoeloe.com.

Boyband sendiri bisa diartikan sebagai sebuah kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari tiga atau lebih pria muda yang tampan, lincah dan jago nari. Biasanya boyband dibentuk oleh seorang manajer atau produser  rekaman dengan mengadakan audisi untuk menyaring anggota yang akan masuk boyband tersebut. Perpaduan antara menyanyi dan menari serta didukung dengan penampilan fisik yang menarik menjadikan boyband dinilai oleh hampir semua remaja wanita.

Awal kemunculan Boyband sendiri sebenarnya dimulai pada era 40-an, dengan munculnya sebuah grup vokal yang bernama Quartet Barbershop dan The Ink Spots yang dibentuk oleh empat anak muda kulit hitam. Tapi boyband menjadi sangat terkenal itu dimulai semenjak pencari bakat di Amerika, Mauricie Starr membentuk New Kids On The Block (NKOTB) di akhir 80-an. Karena NKOTB begitu populer dan menjadi ikon remaja saat itu, seorang pencari bakat asal Inggris yaitu Nigel Martin-Smith juga berinisiatif membentuk Boyband Take That yang diharapkan bisa menyaingi NKOTB. Tak disangka Take That menjadi ikon anak remaja di Inggris yang akhirnya sangat terkenal di seluruh Eropa, Australia hingga Asia.

Kesuksesan NKOTB & TT membuat dunia musik era 90-an menjadi dunianya Boyband. Di era 90-an inilah hampir di seluruh dunia ramai bermunculan boyband-boyband dengan lagunya yang selalu terkenal dan laris dipasaran. Seperti boyband Color Me Badd dan 911. Kemudian di pertengahan 90-an, muncullah Boyzone. Boyband asal Irlandia tersebut kemudian disusul oleh boyband dari Amerika, Backstreet Boys. Mereka begitu terkenal dengan lagu-lagunya seperti Get Down, As Long As Yo Love Me, Everybody. Dan lagu-lagu tersebut pun menjadi nomor satu di chart musik seluruh dunia.

Di awal tahun 2000-an lagu-lagu boyband semakin merajai tangga lagu musik dunia dengan kemunculan N'Sync, Westlife, dan Blue. Siapa yang tak mengenal Westlife, boyband yang beranggotakan Shane, Kian, Nicky, Mark dan Bryan ini selalu dipuja-puja oleh para fansnya saat itu. Tapi beberapa tahun kemudian Bryan keluar dari Westlife dan bersolo karir. Masih ingatkah Sobat Djadeol dengan lagu I Have A Dream atau If I Let You Go? J

Selain boyband dari luar negeri, di era 90-an juga muncul boyband dari dalam negeri. Seperti Trio Libels yang terkenal dengan lagunya Gadisku, boyband ini beranggotakan Ronny Sianturi, Edwin Manansang dan Yanni Djunaedi. Boleh dibilang Trio Libels ini adalah dedengkotnya boyband Indonesia. Selain itu juga ada Cool Colors, boyband ini beranggotakan Tengku Ryan, Ari Sihasale dan Surya Saputra. Tapi kemudian Tengku Ryan keluar dan digantikan oleh Ari Wibowo dan Yohandi Yahya. Di samping itu juga ada ME dan Cowboys.

Bisa dibilang tahun 90-an adalah tahunnya boyband. Banyak artis bermunculan dan langsung mencetak hits yang terkenal di seluruh dunia. Hal ini didukung juga oleh kehadiran MTV yang memutarkan video klip mereka sebagai sarana promosi.

Dengan wajah cakep, lagu yang easy listening serta karakter unik dari masing-masing personilnya, membuat boyband langsung mendapat perhatian publik terutama wanita. Ayo Sobat Djadoel, boyband mana yang menjadi favorit kalian dan lagu apa yang mengingatkan Sobat Djaoel pada masa-masa indah zaman dulu? 





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com