Bubur Lolos Maknyus


(sumber foto: www.djamandoeloe.com)

BUBUR lolos, wah apanya nih yang lolos? Enggak ada yang lolos kok Sobat Djadoel soalnya enggak ada tahanan hehe, tapi memang namanya bubur lolos. Nama makanan tradisional khas Sunda ini terdengar unik atau bahkan asing di telinga beberapa Sobat Djadoel yang belum tahu. Nah, makanya sekarang djamandoeloe.com mau ngenalin bubur lolos ini sama Sobat Djadoel.

Jika melihat warnanya sekilas seperti bubur merah bubur putih tapi bubur lolos memiliki tekstur yang lebih lembut. Kalau bubur merah bubur putih berbahan dasar beras seperti membuat bubur pada umumnya, kalau bubur lolos berbahan dasar tepung beras, tepung ketan, serta tepung kanji. Ketiga tepung tersebut diaduk hingga menjadi satu bersama dengan gula merah dan juga santan.

Setelah semua adonan diaduk hingga kenyal, bubur ini kemudian dibungkus menggunakan daun pisang seperti lontong tidak seperti bubur lainnya yang dihidangkan dalam mangkok. Dan salah satu sisi ujungnya dibiarkan terbuka, tidak tertutup rapat. Namun, sebelum dibungkus dengan daun pisang, adonan bubur lolos ini diberi topping blondo terlebih dulu. Ingat Sobat Djadoel, blondo ya bukan wong londo, hehe. Blondo itu adalah santan kental yang dimasak hingga hampir membentuk minyak. Inilah yang membuat rasa bubur lolos terasa legit legit gurih.

Lantas mengapa diberi nama bubur lolos? Ternyata, pemberian nama bubur yang satu ini bukan tanpa alasan. Dulu, bubur lolos merupakan salah satu menu yang kerap kali dijumpai di acara tujuh bulanan ibu hamil bagi masyarakat Sunda. Diberi nama lolos karena bubur ini dianggap sebagai simbol agar proses melahirkan si Ibu nanti dimudahkan alias lolos atau lancar.

Di Jawa Barat, khususnya Bandung, bubur lolos masih sering dijumpai pada upacara tujuh bulanan. Akan tetapi, seiring berjalanannya waktu makanan zaman dulu ini bisa Sobat Djadoel temui di toko kue tradisional tanpa harus mengadakan acara tujuh bulanan terlebih dahulu. Cobain deh bubur lolosnya, dijamin bakal bikin ketagihan. Manis, gurih, dan nikmat. Beuuuhhhh, maknyus wink

Yang pengn coba bikin sendiri bubur lolosnya, yuk kita lihat cara membuatnya di Membuat Si Legit Bubur Lolos. Dan untuk melihat kulinernya Indonesia yang enak-enak, Sobat Djadoel bisa lihat di rubrik Kuliner.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com