Shio, 12 Binatang Cabang Bumi


 

MEMASUKI tahun baru Imlek, masyarakat Tionghoa biasanya mulai mencari tahu peruntungan dan nasib mereka di tahun yang baru itu melalui Shio. Mereka mulai menganalisis apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak perlu dilakukan dengan membuat perencanaan untuk satu tahun ke depan berdasarkan keterangan dari shio mereka masing-masing. Oleh karena itu, shio selalu menjadi topik perbincangan di masyarakat pada saat Imlek tiba.

Shio merupakan simbol binatang dari Cina yang mewakili 12 siklus tahunan. Shio ini juga bisa dikatakan sebagai zodiaknya orang Tionghoa, di mana hewan-hewan tersebut melambangkan tahun, bulan dan waktu. Menurut kepercayaan orang Tionghoa, pada dasarnya hewan-hewan yang digunakan untuk nama Shio ini diambil untuk melambangkan dua belas cabang bumi yang kemudian digabung bersama lima unsur membentuk 1 periode 60 tahun.

Kalau dilihat dari sejarahnya, Shio mulai dikenalkan oleh Kaisar Cina yang bernama Huang Ti sekitar tahun 1637 SM. Kaisar Huang Ti atau dikenal juga sebagai Kaisar Kuning memulai putaran pertama dari zodiak tersebut pada tahun pemerintahannya yang ke-61.

Berbeda dengan astrologi barat yang berdasarkan pada peredaran planet-planet dalam tata surya kita, astrologi Cina ini berdasarkan pada kalender bulan yang dimulai pada akhir bulan Januari sampai pertengahan Februari setiap tahunnya. Di mana tanggalnya tidak tentu dan tergantung pada tanggal jatuhnya bulan baru.

Nama-nama hewan yang digunakan untuk shio konon berasal dari sebuah cerita  ketika Sang Budha bersiap-siap naik ke Nirwana. Ketika itu sang Budha memanggil semua binatang untuk menghadapnya. Dan ternyata binatang yang paling tanggap pada panggilan Sang Budha adalah Tikus, kemudian disusul Kerbau dan Macan. Sementara Kelinci dan Naga menyusul setelahnya. Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, dan Anjing ikut menyusul. Dan yang terakhir sampai adalah Babi. Jadi nama-nama binatang itulah yang digunakan untuk Shio.

Kedua belas binatang tersebut dikenal sebagai Cabang Bumi. Di mana binatang tahun kelahiran akan berpengaruh terhadap kepribadian dan kehidupan seseorang serta alam semesta dan seluruh isinya. Keberadaan setiap Cabang Bumi ini tidak berdiri sendiri dan selalu berkaitan dengan satu dari lima unsur. Lima unsur tersebut, yaitu Kayu, Api, Tanah, Logam, dan Air.

Selain shio tahunan, dalam astrologi Cina dikenal juga shio harian. Dan jam kelahiran seseorang akan sangat mempengaruhi kepribadian dan sifat seseorang. Misalnya, seorang yang bershio Tikus akan tampak agresif bila lahir antara pukul 03.00-05.00 pagi, dan akan tampak pendiam dan pasif apabila lahir antara pukul 09.00-11.00 pagi.

Berikut djamandoeloe.com berikan sedikit gambaran peruntungan bagi setiap Shio di tahun ini 2013 ini :

Untuk Sobat Djadoel yang bershio Tikus, tahun ini kemungkinannya akan menghadapi sedikit halangan tetapi kalian harus lebih percaya diri dan lebih konsentrasi agar mampu keluar dari setiap masalah. Sementara untuk yang bershio Kerbau, peruntungannya di tahun ini akan jauh lebih buruk dari tahun sebelumnya. Sangat dianjurkan untuk tidak bertindak gegabah dan lebih memikirkan secara matang apa yang akan kalian ambil. Dan jangan lupa untuk lebih mengutamakan kesehatan, terutama pernafasan.

Bagi yang bershio Macan, tahun ini akan menjadi tahun yang baik untuk memperluas dan memulai usaha tetapi harus dibarengi dengan rencana yang matang agar bisa menikmati hasilnya. Sedangkan bagi yang bershio Kelinci, katanya harus lebih tenang dan sabar. Jangan tergesa-gesa untuk memperluas bisnisnya, lebih baik direncanakan secara matang.

Untuk yang bershio Naga, jika mereka mampu mempersiapkan rencana yang baik dan tepat, maka kesuksesan akan tercapai di akhir tahun ini dan bersiaplah untuk sukses. Sedangkan untuk yang bershio Ular, disarankan untuk mendengarkan pendapat orang lain dan lebih berhati-hati dalam menginvestasikan uang anda. Intinya lebih waspada dan tetap bekerja keras.

Bagi sobat djadoel yang bershio Kuda, tahun ini adalah tahun kelancaran bagi kalian. Pekerjaan dan karir akan berjalan baik. Dan sangat disarankan untuk tidak pamer agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan yang bershio Kambing dianjurkan untuk tetap sabar dan tenang agar emosinya tetap stabil. Jangan tergesa-gesa dan lebih merencanakan sesuatu agar hasilnya lebih maksimal.

Yang bershio Monyet bersiaplah karena tahun ini akan berjalan dengan lancar. Dan jangan lupa harus mampu membedakan mana kawan dan mana lawan, serta lengkapi perencanaan anda dengan matang supaya peluang keberhasilannya bisa tinggi. Sementara yang bershio Ayam dianjurkan untuk lebih mengontrol perilaku dan ucapan supaya terhindar dari masalah. Dan lebih mempersiapkan sesuatunya secara detil untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Bagi yang bershio Anjing dianjurkan untuk lebih meningkatkan intensitas komunikasi terhadap orang lain karena ini akan mampu meningkatkan pekerjaan kalian. Dan harus bersiap akan tejadinya perubahan untuk tetap bertahab di lingkungan anda. Sedangkan bagi yang bershio Babi diharapkan untuk bersikap bijak dan selesaikan perselisihan secara damai. Segala sesuatunya tidak akan berjalan dengan lancar, jadi kalian harus lebih waspada dan tabah di masa sulit ini.

Percaya atau tidak itu kembali ke Sobat Djadoel semua, yang pasti kita harus mengambil semua yang baik-baik dari hal apapun. Dengan adanya shio mungkin kita bisa lebih bijak dan mampu mengeksploitasi semua kelebihan pada diri kita dan memperbaiki kekurangannya. Shio juga bisa kita jadikan sebagai acuan untuk mempersiapkan diri kita menjadi lebih matang dalam mencermati kehidupan. Gong Xi Fa Cai.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com