Telenovela, Film Hits di Indonesia Zaman Dulu


(sumber foto: djamandoeloe.com dari berbagai sumber)

 

MENONTON acara favorit sambil ditemani camilan memang bisa menjadi obat pelepas lelah setelah seharian beraktifitas, apalagi kalau sambil bercengkrama dengan keluarga. Menurut survei, kebanyakan masyarakat Indonesia selalu menonton tv di jam-jam prime time, yakni jam-jam istirahat sekitar sore sampai malam. Tak heran jika banyak stasiun televisi nasional yang menanyangkan acara andalannya pada jam-jam tersebut.

Sekarang ini acara televisi pada jam prime time dipenuhi dengan acara sinetron, hampir di setiap stasiun televisi menayangkannya. Sepertinya masyarakat Indonesia sangat menyukai acara televisi sejenis opera sabun ini. Beberapa waktu yang lalu serial drama dari asia timur mulai memasuki industri pertelevisian nasional. Mulai dari serial drama Cina, Taiwan hingga Korea. Tapi jauh sebelum drama Korea masuk ke Indonesia, dulu serial televisi yang sempat nge-Hits di Indonesia adalah serial tv yang berasal dari Amerika Latin. Serial televisi ini biasa disebut dengan Telenovela.

Telenovela pernah menjadi acara unggulan di berbagai televisi nasional, bahkan internasional. Telenovela merupakan sebuah judul kolektif untuk semua serial drama yang berasal dari Amerika Latin, seperti Meksiko, Venezuela, Brazil dan lainnya. Kata Telenovela sendiri berasal dari gabungan dua buah kata, yakni "Tele" dan “Novela”. Kata “Tele” merupakan kependekan dari television, sedangkan kata "Novela", merujuk pada novel. Jadi telenovela bisa dikatakan sebuah serial Novel Televisi.

Seperti halnya sinetron di Indonesia, telenovela juga selalu mempunyai episode yang sangat panjang hingga berbulan-bulan dengan menampilkan banyak tokoh. Saking banyaknya tokoh, cerita yang ditampilkan dalam telenovela menjadi rumit, karena biasanya antara tokoh satu dengan yang lainnya selalu berhubungan. Tapi tetap saja banyak pemirsa yang selalu menantikan telenovela setiap harinya. Cerita dasar telenovela sangat beragam, mulai dari kisah cinta sampai pembalasan dendam. Salah satu hal yang membuat telenovela banyak digemari ialah akting para pemainnya yang bisa dibilang sangat total, sehingga pemirsa di rumah bisa terbawa suasana dan selalu menantikan setiap episodenya.

Sejarah telenovela di Indonesia dimulai ketika stasiun televisi TVRI menayangkan sebuah telenovela dari Brazil yang berjudul Escrava Isaura. Tapi, telenovela menjadi sangat terkenal di Indonesia ketika stasiun televisi RCTI mulai menanyangkan telenovela klasik yang berjudul No One But You dan Wild Rose. Setelah itu berbagai judul telenovela mulai bermunculan di layar kaca Indonesia, seperti María Mercedes, Marimar, Amigos dan lainnya.

Di bawah ini djamandoeloe.com akan mencoba memberikan beberapa judul telenovela yang sempat nge-Hits di Indonesia.

Yang pertama adalah Amigos. Telenovela ini pernah menjadi tontonan favorit remaja pada waktu itu. Telenovela ini menggabungkan cerita tentang remaja dan orang dewasa yang dikemas dengan sangat apik. Kalau yang pernah nonton telenovela ini pasti masih ingat dengan yang namanya Anna dan Pedro. Mereka merupakan pasangan remaja yang sangat cocok pada drama ini.

Secara keseluruhan Amigos ini menceritakan tentang cinta monyet anak remaja, kehidupan sekolah yang selalu berkelompok (kalau bahasa gaul zaman sekarang geng-gengan), dan perebutan tahta yang dipenuhi dengan berbagai intrik. Dulu saking terkenalnya telenovela ini, remaja Indonesia seakan terkena Amigos fever. Dimana banyak anak remaja yang meniru gaya rambut dari beberapa pemain telenovela ini. Kalau remaja perempuan mengikuti model rambut Anna yang panjang terurai dengan bandonya, sedangkan remaja lelaki mengikuti model rambut Pedro yang dibelah tengah.

Telenovela selanjutnya yang pernah menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia terutama ibu-ibu yakni Cinta Paulina. Dulu drama ini ditayangkan di SCTV. Drama ini menceritakan tentang sepasang saudara kembar yang berbeda sifat dan nasib. Mereka memutuskan untuk bertukar peran. Paulina yang berhati baik menggantikan peran saudara kembarnya yang bernama Paula. Dimana Paula ini merupakan seorang wanita yang jahat sekaliagus sebagai seorang nyonya besar dari tuan Braco. Karena kebaikan Paulina keluarga Bracopun sangat menyayangi Paulina yang berperan sebagai Paula, teutama tuan Braco. Namun setelah semuanya kembali seperti semula, keadaan menjadikacau. Paulina yang baik sempat dipenjara karena perlakuan licik dari Paula. Tapi akhirnya Paulina kembali ke keluarga Braco karena ia ternyata menyayangi tuan Braco, dan hidup bahagia.

Telenovela lainnya yang sempat menghiasi layar kaca Indonesia ialah Marimar. “Marimar… Awww..”, penggalan lagu dari opening song telenovela ini dulu sering kali dinyanyikan oleh banyak orang di Indonesia. Kalimat itu menjadi trademark dari telenovela yang satu ini.

Telenovela ini bercerita tentang seorang gadis yatim piatu bernama Marimar yang hidup bersama kakek dan neneknya. Dia jatuh cinta kepada Sergia, anak orang kaya yang mempunyai perkebunan tempat kakeknya bekerja. Tapi dia tidak direstui oleh orang tuanya Sergio, sehingga ia selalu dijahati dan sempat menghilang setelah rumahnya dibakar. Marimar ini mempunya seekor anjing yang bernama Fulgosho. Beberapa tahun kemudian, Marimar ini kembali lagi dan ternyata dia adalah seorang anak dari orang yang sangat kaya raya. Karena ayahnya meninggal maka seluruh kekayaannya diserahkan ke Marimar. Dari sinilah Marimar mulai membalas dendam kepada orang yang selalu menjahatinya dimasa lalu.

Pada telenovela Marimar ini yang terkenal di masyarakat tak hanya para pemainnya tetapi anjingnya marimar, Fulgosho sangat mengena di hati masyarakat.

Selain tiga judul telenovela di atas ada juga berbagai judul telenovela yang pernah tayang di Indonesia seperti Esmeralda, Rosalinda, Marisol, Maria Mercedes, Beti Lafea, Maria Cinta Yang Hilang dan masih banyak lagi.

Dari beberapa judul telenovela di atas, yang menjadi favorit Sobat Djadeol yang mana nih? hehe





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com