Hari Perempuan Sedunia


 

KALAU di Indonesia setiap tanggal 21 April ada hari Kartini kemudian di tanggal 22 Desember ada Hari Ibu, nah kalau di hari ini tepat pada 8 Maret seluruh perempuan di dunia tengah merayakan Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day.

Hari Perempuan Sedunia merupakan sebuah hari besar yang dirayakan perempuan seluruh dunia untuk menghormati, menghargai keberhasilan kaum perempuan dalam berbagai bidang, terutama bidang ekonomi, politik, dan sosial. Perayaan ini salah satunya untuk memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada tahun 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Kemudian ada pun peristiwa lainnya yang terjadi pada 8 Maret 1857 di New York City. Kala itu, kaum perempuan dari pabrik pakaian tekstil mengadakan protes karena apa yang mereka merasakan kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa kemudian diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini kemudian membentuk serikat buruh pada bulan yang sama dua tahun setelah peristiwa tersebut. Di tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja inilah gagasan perayaan International Women’s Day ini tercetuskan.

Namun, sekitar tahun 1910 dan 1920-an, peryaan ini sempat menghilang tanpa alasan yang jelas. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. Lalu, pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori peringatan Hari Perempuan Sedunia. Seiring berjalannya waktu, peringatan ini semakin menggema karena semakin banyak perempuan-perempuan yang merayakannya. Para perempuan di masing-masing negara mengadakan berbagai acara yang diharapkan dapat memotivasi para perempuan untuk lebih mengembangkan dirinya sesuai dengan bidang yang diminatinya. Dan setiap tahunnya, Hari Perempuan Sedunia selalu memiliki tema, untuk tahun 2013 tema yang diangkat adalah A Promise is a Promise: Time for Action to End Violence Against Women.

Inti tema tersebut adalah menyoroti janji-janji pemerintah dan berbagai organisasi tiap negara untuk menghentikan kekerasan yang masih sering terjadi pada perempuan di seluruh dunia, melihat banyaknya peristiwa kekerasan yang menimpa perempuan akhir-akhir ini. Seperti kasus India, mahasiswi kedokteran yang diperkosa secara brutal hingga akhirnya ia meninggal di Rumah Sakit karena luka-luka. Hal tersebut menimbulkan debat nasional tentang perlakuan perempuan. Dan masih banyak kasus-kasus kekerasan lainnya yang menimpa perempuan.

Semoga saja di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya, tidak ada lagi tindakan kekerasan terhadap perempuan dan peringatan Hari Perempuan Sedunia bisa memberi perubahan besar bagi semua perempuan yang berada di mana pun. Selamar Hari Perempuan Sedunia heart





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com