Selamat Hari Musik Nasional


sumber(http://www.faktailmiah.com/)

KALAU kemarin, 8 Maret seluruh perempuan dunia merayakan Hari Perempuan Sedunia, sekarang, 9 Maret 2013, di Indonesia baru saja ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional. Setelah 10 tahun menunggu, para pencipta lagu, seniman musik, artis penyanyi, dan pecinta musik akhirnya bisa berbahagia karena bisa merayakan Hari Musik Nasional.

Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI) menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional atas persetujuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Sekretaris Negara Republik Indonesia. Pengukuhan Hari Musik Nasional dilakukan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Mengapa Hari Musik Nasional ditetapkan pada 9 Maret? Jawabannya adalah karena tanggal tersebut merupakan tanggal lahir tokoh pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman.

Para penyanyi, pencipta lagu, pemusik, menyambut kabar baik ini dengan gembira. Pasalya, untuk bisa mendapatkan pengakuan akan Hari Musik Nasional ini mereka harus melewati perjuangan yang panjang. Untuk mendapatkan legalitas Hari Musik Nasional melalui Keputusan Presiden ini mereka telah berjuang sejak masa pemerintahan Megawati pada tahun 2003 lalu.

Penetapan Hari Musik Nasional merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap kontribusi dan eksistensi pelaku dan penggiat musik di Indonesia. Bisa kita lihat sendiri, setiap harinya di stasiun televisi, acara musik selalu hadir untuk menghibur masyarakat Indonesia. Dan dari waktu ke waktu, penggemar musik maupun orang yang baru terjun ke dunia musik semakin banyak. Musik memang telah berkontribusi banyak dalam perjalanan bangsa dan negara ini sejak zaman pra kemerdekaan, awal kemerdekaan, hingga sekarang setelah kemerdekaan. Lewat lagu-lagu pengobar semangat, seperti Indonesia Raya, para pejuang kita seakan diberikan semangat tambahan melalui lagu tersebut.

Tak hanya sebagai penyemangat atau sekadar penghibur, tapi musik juga menafkahi banyak orang sehingga layaklah apabila ada satu hari yang didedikasikan khusus sebagai hari musik walaupun bukan hari libur nasional. Namun, setidaknya di hari itu para pemusik, penyanyi, pencipta lagu maupun penikmat musik bisa memperingatinya dengan merayakannya melalui kreatifitas mereka.

Banyak harapan dari para pemusik, penyanyi, dan pencipta lagu terkait Hari Musik Nasional, seperti pemberantas pembajakan karya terhadap laju kreativitas para musisi, praktik pelanggaran Hak Cipta Lagu tanpa seizin pencipta lagu, dan tentunya perkembangan musik Indonesia.

Namun, satu yang pasti, dengan adanya Hari Musik Nasional diharakan musik tanah air bisa semakin maju dan berkembang secara kualitas dan masyarakat bisa mengapresiasinya dengan baik. Selamat Hari Musik Nasional.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com