Casper, Si Hantu Baik Hati


(sumber foto: http://www.bojanke.com/kasper.htm)

 

TIDAK semua yang kita lihat seperti apa yang kita pikirkan. Mungkin ini berlaku juga bagi hantu. Apa, hantu? Pasti menyeramkan dan membuat kita lari terbirit-birit. Tunggu dulu Sobat Djadoel, tidak semua hantu menakutkan loh. Bahkan ada hantu yang bisa membuat kita ketawa karena kelucuannya. Seperti Jin dalam serial Jin & Jun, tuyul dalam Tuluy & Mbak Yul, ada juga Ozy Syahputra yang berperan sebagai hantu plontos yang suka menolong hantu lain dalam serial Si Manis Jembatan Ancol.

Kalau dari serial atau film kartun kita mengenal sosok Casper, hantu bocah yang kecil mungil dan suka bersahabat dengan manusia ini memang terkenal dengan kelucuannya. Hantu bule ini mempunyai nama yang sangat keren, Casper McFadden. Ia adalah tokoh utama dari semua judul kartun yang menggunakan nama Casper.

Casper sendiri dibuat oleh Seymour Reeit dan Joe Oriolo sekitar tahun 1930-an akhir. Awalnya karakter dan ilustrasi Casper dibuat sebagai dasar untuk buku cerita anak-anak pada tahun 1939. Namun ketika Reit sedang melaksanakan tugas militernya, dia tewas di medan perang pada Perang Dunia Kedua. Padahal saat itu bukunya belum sempat dirilis. Akibat peristiwa itu pencipta tokoh Casper yang lain yaitu Oriolo menjual hak cipta buku tersebut kepada Paramount Pictures pada divisi Famous Studios Animation.

Hantu imut yang berkepala plontos seperti mentalis terkenal Indonesia ini, mempunyai kepribadian yang baik, ramah dan bisa dibilang tampan dibanding hantu yang lainnya. Dia tinggal bersama ketiga pamannya di sebuah rumah tua. Ketiga pamannya ini mempunyai watak antagonis dan suka sekali mengganggu atau menakut-nakuti setiap orang yang berkunjung ke rumah tua itu. Tapi Casper kebalikan dari para pamannya itu, casper malah suka berteman dengan orang-orang tersebut dan selalu ingin membantu setiap manusia yang terkena musibah. Akan tetapi, hampir semua orang yang ingin dia tolong selalu lari terbirit-birit saat melihatnya.

Salah satu film Casper yang tekenal ialah The Friendly Ghost. Itu merupakan film pertama Casper yang dirilis oleh Paramount pada 1945 yang diadaptasi dari buku. Dalam film kartun tersebut, Casper digambarkan sebagai hantu anak-anak yang lucu dengan aksen New York, yang mendiami sebuah rumah berhantu bersama dengan komunitas hantu dewasa yang senang menakut-nakuti manusia. Berbeda dengan hantu lainnya Casper lebih memilih untuk berteman dengan orang-orang daripada dengan sesama hantu.

Sempat ia pergi keluar untuk mencari teman manusia, tetapi hewan yang ia temui di jalan saja lari terbirit-birit melihatnya. Karena ia bingung kenapa hewan saja lari ketakutan, ia mencoba untuk bunuh diri. Tapi ia sadar bahwa ia sudah mati. Akhirnya Casper bertemu dengan Johnny dan Bonnie yang kelak menjadi teman-temannya. Ibu Johnny dan Bonnie awalnya takut melihat Casper, namun setelah melihat Casper yang baik dia mengijinkan masuk ke keluarganya.

Orang yang berada di dalam penjara tak semuanya penjahat, begitu juga dengan hantu. Mungkin tidak semua hantu menakutkan seperti anggapan sebagian besar manusia. Seperti Casper ini, walaupun hanya dalam bentuk fiksi tetapi kita bisa mengambil hal yang baik darinya. Dia yang suka menolong sudah sepatutnya dicontoh oleh Sobat Djadoel semua dan seperti pepatah barat, Don't Judge The Book By Its Cover.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com