Meriahnya Kebaya di 21 April


(sumber foto: http://duniakecilindi.blogspot.com/2012/05/ayo-kartinian.html)

 

WAKTU dulu, kalau tiba tanggal 21 April, ibu-ibu yang punya anak SD biasanya sehari sebelumnya tuh lagi sibuk-sibuknya nyiapin kebaya. Para ibu berlomba-lomba mencari kebaya yang paling cucok buat anaknya besok tampil di sekolah. Ya, kesibukan itu hanya dilakukan pada saat tanggal 21 April. Mengapa?

Karena pada tanggal 21 April itu bertepatan dengan hari Kartini, salah satu pahlawan nasional perempuan Indonesia. Nah, biasanya pada tanggal tersebut di sejumlah Sekolah Dasar murid-muridnya akan mengenakan kebaya (baju adat).  Entah siapa yang mengawali kebiasaan ini dan mengapa harus di tanggal 21 April?

Tidak ada yang tahu pasti alasannya mengapa untuk memperingati hari Kartini harus mengenakan kebaya. Namun, terlepas dari hal itu, Sobat Djadoel bisa mengambil sisi positifnya, yakni mengenalkan sekaligus melestarikan pakaian adat Indonesia agar tidak terlupakan begitu saja.

Nah, di hari Kartini sekarang, banyak Sekolah Dasar yang masih menerapkan kebiasaan tersebut, tapi ada juga yang sudah “cuek”. Walaupun begitu, kebiasaan mengenakan kebaya ini ternyata sekarang telah merambah pada orang dewasa juga, seperti para polwan, sejumlah karyawati di kantoran, dan perempuan-perempuan lainnya yang memiliki profesi berbeda.

Semarak perayaan hari Kartini memang sangat terasa di setiap tahunnya. Tak hanya mengenakan kebaya, berbagai lomba yang dikhususkan untuk perempuan pun banyak dilakukan, semisal lomba memasak, lomba merias wajah, dan sebagainya.

Kendati demikian, momen mengenakan pakaian adat di sejumlah Sekolah Dasar itu biasanya merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh murid-muridnya, bahkan juga para orang tuanya. Mereka akan semaksimal mungkin mendandani anaknya untuk tampil cantik di depan banyak orang. Kalau Sobat Djadoel waktu dulu pernah mengalaminya, coba deh lihat foto-foto kalian saat itu, mungkin akan menjadi momen yang tak terlupakan. Melihat kita yang dulu memakai baju adat kedodoran dengan riasan wajah yang tebal akan membuat kita tertawa geli saat mengenangnya.  

Semoga momen ini akan terus ada meskipun zaman terus berubah agar pakaian adat Indonesia terus dikenal sepanjang masa. Selamat Hari Kartini, Sobat Djadoel.

Untuk Sobat Djadoel yang mau tahu tentang sosok Kartini, bisa baca artikelnya di Raden Ajeng Kartini.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com