»Mitos

Mister Gepeng Hantu Fenomenal di Era 90-an


Share


BICARA soal hantu memang enggak pernah ada habisnya, apalagi Indonesia ini seolah telah menjadi gudangnya berbagai macam hantu. Mulai dari Pocong, Suster Ngesot, Hantu Jeruk Purut sampai hantu Rumah Kentang. Jadi jangan heran kalau masyarakat Indonesia sangat ‘dekat’ dengan yang namanya hantu. Tapi, ternyata banyak juga kekacauan yang terjadi akibat adanya cerita hantu yang sebenarnya cuman HOAX.

Seperti sekitar tahun 90-an, pernah ada fenomena siswi di setiap sekolah yang pergi ke toilet secara berombongan. Nah lho ada apa nih? Kok ke toilet harus berombongan gitu? Ternyata mereka berombongan seperti itu bukan mau latihan girlband atau lainnya melainkan mereka takut pergi sendiri karena kala itu beredar cerita tentang hantu Mr. Gepeng.

Sobat Djadoel ada yang pernah dengar cerita yang satu ini? Mungkin enggak banyak yang tahu tentang hantu satu ini, terutama anak-anak zaman sekarang. Tapi, bagi Sobat Djadoel generasi 90-an, terutama para cewek pasti kenal dengan kisah Mr. Gepeng ini.

Mister gepeng adalah urban legend di masa itu. Saking populernya Mr. Gepeng ini bisa mengalahkan popularitas hantu-hantu lainnya. Menurut cerita zaman dulu, Mr. Gepeng adalah sesosok hantu paling menyeramkan yang pernah ada. Dia ditakuti oleh para siswi-siswi di setiap sekolah. Karena konon katanya Mr. Gepeng ini selalu tinggal di toilet cewek. Jadi, saat itu banyak siswi yang enggak mau pergi ke toilet dan lebih memilih ngompol di celana. Haha, sampai segitunya ya. Jangankan masuk ke toilet, melintas di depan toilet saja saat itu sudah bisa bikin cewek lari ketakutan.

Isu yang beredar saat itu, Mr. Gepeng adalah seorang pengusaha yang mati kejepit pintu lift sampai badannya bener-bener gepeng. Makanya dia disebut hantu Mr. Gepeng. Tapi ada juga yang bilang Mr. Gepeng ini matinya kegilas buldoser sampai gepeng. Entah mana yang bener, tapi yang jelas dua-duanya membuat Mr. Gepeng mati dengan keadaan gepeng. Kalau memang bener, kasian banget ya, Sob, Mr. Gepeng ini.

Malah ada juga yang bilang Mr. Gepeng ini adalah hantu dokter yang meninggal kejepit di lift bersama kopernya yang berisi duit banyak. Nah, ternyata enggak hanya mitos cara ia bisa jadi gepengnya aja yang booming di kalangan anak sekolah, tapi mitos yang mengatakan bahwa Mr. Gepeng pun bisa memberikan apapun juga sempat ramai di anak sekolahan.

Mitos itu tersebar cepat di anak-anak sekolah. Banyak yang mengatakan kalau merka ingin mendapatkan apapun yang mereka inginkan, mereka harus mengikuti syarat dari Mr. Gepeng. Ada yang menyebutkan kita bisa minta duitnya dengan hanya menelepon ke nomer “7777777”, terus uangnya bisa kita ambil besoknya di lubang toilet sambil melangkah maju, mundur, kiri, kanan.

Lalu, ada lagi yang bilang kalau permintaan kita akan diberi oleh Mr. Gepeng dengan cara melangkah maju, mundur, kiri, kanan, mendekat ke pintu toilet dan mengetuk pintunya sambil mengatakan keinginannya, misal “Mr. Gepeng, saya minta sepatu baru”. Dan tadaaaaa, keinginan kita akan dikabulkan. Hmmm, memang aneh-aneh aja ya waktu itu. Tapi jangan dikira enggak ada yang percaya dengan hal tersebut, justru kala itu banyak anak sekolah yang percaya. Mereka mengikuti petunjuk tersebut secara runut.

Anehnya dari isu Mr. Gepeng ini, kok dia lebih memilih toilet untuk tinggal sebagai hantu. Enggak milih jembatan, atau lift tempat kematiannya, lebih lagi dia hanya milih toilet cewek. Bukan mesumkah itu namanya? haha… Selain itu juga, belum pernah ada bukti nyata kalau apa yang dilakukan oleh mereka itu benar-benar terjadi, karena belum pernah ada yang tiba-tiba dapet uang atau mobil dari dalam wc dengan bermodalkan melangkah maju, mundur, kiri, kanan.

Tapi satu yang pasti, fenomena Mr. Gepeng ini dulu sempat membuat sedikit kekacauan. Para gadis lebih memilih ngompol di celana dari pada pergi ke wc. Atau mereka ke wc itu perginya berombongan sampai kayak mau tawuran. Dan anehnya banyak orang yang percaya dengan kisah ini. Tapi semakin ke sini fenomena tersebut seakan menghilang tanpa jejak dan banyak orang yang menyebutnya HOAX belaka. Dan kalau itu memang HOAX, sepertinya ini HOAX yang paling fenomenal karena banyak orang yang merasa hal itu benar-benar terjadi.

Terlepas dari benar atau tidaknya kisah Mr. Gepeng ini, nyatanya cerita-cerita hantu seperti ini bisa membuat sedikit kekacauan di masyarakat Indonesia, terutama anak kecil yang mudah sekali menyerap berbagai informasi apapun. Tapi yang jelas, cerita Mr. Gepeng ini bisa membuat Sobat Djadoel yang pernah mengalaminya kembali teringat ke masa itu. Masa anak-anak yang indah walaupun kala itu kita sangat takut sama si mister satu ini. Hehehe.



Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus


»Mitos

Dari Nyi Roro Kidul Hingga Poseidon

PANTAI dan laut kerap menjadi tempat pilihan untuk berlibur, melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari yang berjibun. Di balik keindahannya yang memesona, pantai laut juga menyimpan banyak…

»Mitos

Sirit Uncuing, Burung Pertanda Kematian Yang Licik

BANYAK sekali orang yang menjadikan burung sebagai binatang peliharaannya. Selain bisa diperjualbelikan, suara merdu dari kicauannya pun bisa menghilangkan stres dari berbagai rutinitas pekerjaan. Tapi tak…

»Mitos

Lingsir Wengi, Lagu Pengantar Tidur Zaman Dulu

BAGI sebagian orang, musik atau lagu terkadang mewakili perasaannya, bahkan ada juga yang memiliki theme song khusus dalam hidupnya, entah itu lagu mellow atau upbeat.…

»Mitos

Lagu Pengantar Tidur Nina Bobo

"Nina bobo, oh.. nina bobo.., Kalau tidak bobo digigit nyamuk..." Siapa sangka lagu yang cuma dua bait itu cukup ampuh membuat anak-anak tertidur kala mereka…