Selamat Ulang Tahun Jakarta


Yeayyy, beberapa hari lagi ibu kota negara kita, Jakarta, akan merayakan ulang tahunnya yang ke-486. Meskipun ulang tahunnya jatuh pada tanggal 22 Juni nanti, tetapi kemeriahannya sudah sangat terasa dengan berbagai gelaran acara yang sudah dilaksanakan.

Tapi apa Sobat Djadoel tahu mengapa tanggal 22 Juni selalu diperingati sebagai HUT-nya Kota Jakarta? Sedikit kembali ke zaman dulu, Jakarta adalah sebuah pelabuhan dari kerajaan Sunda, dulu wilayah ini dikenal dengan nama Sunda Kelapa. Namun setelah Fatahilah menduduki Sunda Kelapa, ia mengganti nama kota ini menjadi Jayakarta. Setelah Belanda datang ke Indonesia, akhirnya Jayakarta berhasil diduduki oleh pemerintah Belanda yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen pada 1619. Sejak saat itu Jayakarta dirubah namanya menjadi Batavia.

Pada masa kolonial Belanda, ulang tahun Kota Batavia juga selalu dirayakan setiap tahunnya. Tetapi saat itu bukan bulan Juni perayaannya, melainkan setiap akhir Mei. Mereka beranggapan bahwa akhir Mei tahun 1619 adalah bulan dimana Belanda menaklukan Jayakarta yang kemudian namanya berubah menjadi Kota Batavia.

Kemudian setelah Jepang berhasil mengambil alih Indonesia dari tangan Belanda, Kota Batavia diubah lagi namanya menjadi Kota Jakarta, kependekan dari Jayakarta yang merupakan nama pemberian pemerintah Cirebon melalui Fatahilah. Nama tersebut tetap bertahan hingga masa-masa kemerdekaan Indonesia usai.

Selama dalam pendudukan Jepang sampai setelah Indonesia merdeka, tak ada seorangpun yang tahu dan merayakan ulang tahun kota ini. Menyadari bahwa Jakarta tidak punya hari ulang tahun, walikota Jakarta saat itu, Sudiro, memiliki ide untuk menetapkan hari ulang tahun Kota Jakarta yang berbeda dengan hari ulang tahun Batavia pada masa pemerintahan Belanda.

Demi menentukan kapan ulang tahun Kota Jakarta, ia sampai memanggil para ahli sejarah yang salah satunya bernama Dr. Sukanto. Setelah melakukan beberapa penelitian, akhirnya Dr. Sukanto berkeyakinan bahwa ulang tahun Jakarta ini jatuh pada 22 Juni 1527. Ini berdasarkan pada jatuhnya Sunda Kelapa ke tangan pemerintahan Cirebon melalui Fatahilah.

Tepat pada 22 Juni 1956, Sudiro mengajukannya dengan resmi pada sidang pleno dan usulnya itu diterima. Sejak saat itu, tiap 22 Juni warga Jakarta selalu merayakan ulang tahun kotanya. Meskipun banyak orang yang meragukan ketepatan hari ulang tahun itu, warga Jakarta tetap antusias merayakan HUT Jakarta.

Akan tetapi peringatan HUT Jakarta sejak ditetapkannya itu hanya biasa-biasa saja. Baru pada pemerintahan Gubernur Ali Sadikin, HUT Jakarta dirayakan secara luas oleh seluruh warga kota. Perayaannya selalu meriah dan banyak orang yang terlibat di dalamnya. Berbagai festival pun sering diadakan untuk memeriahkan HUT ibu kota negara ini.

Nah, HUT Jakarta tahun ini juga akan berlangsung secara meriah. Panggung hiburan, kesenian, hingga pertandingan olahraga juga akan disuguhkan untuk merayakan ulang tahun Jakarta ke-486. Selain adanya Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang sudah menjadi trademark kota ini, tahun ini juga akan ada Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) digelar di Tugu Monumen Nasional (Monas).

Selain itu, untuk menyemarakan HUT Jakarta tahun ini, ada juga kejuaraan marathon, Jakarnaval, Sandiwara Musikal dan yang paling ditunggu kebanyakan orang ialah ajang Jakarta Great Sale 2013. Jadi bagi Sobat Djadoel yang suka belanja cocok nih jika bulan ini berkunjung ke Jakarta.

Puncak dari acara HUT Jakarta tahun ini akan diadakan di sekitaran Monas. Dan pada 22 Juni nanti akan ada Jakarta Night Festival (car free night) dan pesta rakyat di sepanjang Sudirman-Thamrin, termasuk Bundaran Hotel Indonesia. Di sini akan ada 8 panggung pertunjukan yang bisa Sobat Djadoel nikmati. Rangkaian acara HUT DKI tahun ini akan berakhir pada 3 Juli 2013.

Meskipun banyaknya permasalahan yang dihadapi Kota Jakarta, dalam rangka HUT Jakarta yang ke-486, djamandoeloe.com berharap kota ini bisa menjadi lebih baik dalam hal apapun dan menjadi kota yang layak untuk ditempati. Dan juga bisa menjadi cerminan yang baik bagi Indonesia dimata dunia. SELAMAT ULANG TAHUN JAKARTA.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com