Membuat Si Legit Bubur Lolos


(sumber foto: www.djamandoeloe.com)

Djamandoeloe.com pernah membahas tentang bubur lolos sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia yang dianggap sebagai simbol agar proses melahirkan si Ibu nanti dimudahkan alias lolos atau lancar.

Nah, kali ini djamandoeloe.com ingin berbagi resep bubur lolos untuk Sobat Djadoel semua. Barangkali Sobat Djadoel yang belum tahu rasanya bubur lolos seperti apa, bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah atau bagi Sobat Djadoel yang sudah tahu rasanya tapi kesulitan untuk mencarinya, bisa buat sendiri di rumah.

Pertama, yang harus Sobat Djadoel persiapkan adalah bahan-bahannya:

Bahan Bubur:

125 gram tepung ketan

300 ml santan dari ½ butir kelapa

125 gram gula merah, disisir halus

¼ sdt garam

1 lembar daun pandan

Daun pisang untuk bungkusnya (disesuaikan)

Bahan Saus:

150 ml santan dari 1 butir kelapa

¾ sdm tepung beras, cairkan dengan 25 ml santan

¼ sdt garam

1 lembar daun pandan

Kalau semua bahan di atas  sudah disiapkan, Sobat Djadoel tinggal membuatnya. Caranya, yang pertama kita buat dulu bubur dari bahan bubur yang ada di atas. Panaskan santan serta masukkan gula merah sampai larut. Setelah gula merah dan santan bercampur, kemudian disaring dan jangan lupa membuang ampasnya ya Sobat Djadoel. Kalau sudah, tambahkan tepung ketan, daun pandan, dan garam. Aduk semua bahan tersebut hingga meletup-letup.

Sambil membuat bahan sausnya, adonan bubur sebelumnya kita masukkan dulu ke dalam daun pisang yang sudah digulung dan dilipat salah satu ujungnya. Diamkan adonan bubur tersebut sampai mengental.

Untuk yang bahan sausnya kita rebus secara bersamaan, santan, tepung beras, garam, dan juga daun pandannya. Rebus bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga menididih dan kental. Jika sudah mengental, tuang saus tersebut ke atas bubur yang sudah dituangkan di dalam daun pisang. Setelah keduanya bercampur di dalam daun pisang, diamkan terlebih dahulu. Lalu, sajikan setelah dingin.

Bubur lolos pun sudah siap untuk disantap. Selamat mencoba, Sobat Djadoel.





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com