Resep Kolak Pisang Untuk Buka Puasa


(sumber foto: www.djamandoeloe.com)

SALAH satu hal yang identik dengan bulan Ramadhan adalah Ta'jil. Dalam bahasa arab Ta'jil berarti menyegerakan, dan diartikan oleh orang Indonesia menjadi menyegerakan berbuka puasa dengan sebuah makanan. Ta’jil sendiri biasanya berupa makanan kecil yang manis-manis untuk berbuka puasa.

Salah satu Ta’jil khas Indonesia dan selalu ada di setiap bulan Ramadhan adalah kolak. Kolak sendiri banyak macamnya, mulai dari kolak pisang, kolak singkong, kolak ubi dan berbagai nama kolak lainnya. Kali ini, djamandoeloe.com mau ngasih satu resep kolak yang enak dan patut dicoba untuk berbuka puasa nanti, yaitu kolak pisang. Daripada beli mending Sobat Djadoel membuatnya sendiri, bener enggak tuh?

Pertama-tama kita siapkan bahan-bahannya dulu:

10 buah pisang kepok kuning, lalu iris melintang

500 gram buah kolang-kaling siap pakai.

250 ml air

500 ml santan kental

3 lembar daun pandan

250 gram gula merah

3 sendok makan gula pasir

1/2 sendok teh garam

Setelah itu kita masuk ke pembuatannya.

Pertama-tama rebus gula merah, gula pasir, dan garam dengan 250 ml air sampai larut semua, setelah itu saring dan buang ampasnya. Kemudian tambahkan santan dan daun pandan. Rebus dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk-aduk. Usahakan mengaduknya dengan konstan agar santannya tidak pecah.

Sebelum mendidih, masukkan irisan pisang dan buah kolang-kaling. Setelah itu cukup diaduk-aduk saja hingga mendidih dan pisangnya matang. Kalau bisa jangan sampai terlalu mendidih supaya pisangnya tidak terlalu lembek. Nah, kalau semua itu sudah beres, kolak pisangnya siap untuk disajikan.

Untuk yang berbuka puasa, kolak pisang ini lebih enak kalau dimakan dalam keadaan dingin. Jadi kalau bisa, Sobat Djadoel harus membuatnya beberapa jam sebelum magrib agar bisa disimpan dulu di dalam kulkas. Tapi, bagi yang lebih senang kolak pisangnya disajikan hangat-hangat, jangan lupa hangatkan kolaknya terlebih dahulu sebelum waktunya buka.

Mudah bukan cara bikinnya? Selamat mencoba wink





Mari Bernostalgia


comments powered by Disqus

copyright 2017 - djamandoeloe.com